Taman Tepian Tanjung Selor
Indonesia, Kalimantan Utara

15 Tempat Wisata di Tanjung Selor dan Sekitarnya Yang Hits dan Banyak Dikunjungi

Kalimantan Utara memang menjadi provinsi yang masih baru, tapi bukan berarti tidak memiliki banyak tempat menarik. Kaltara yang ber ibu kota provinsi Tanjung Selor ini menawarkan banyak keindahan alam yang cocok untuk liburan. Berikut beberapa tempat wisata di Tanjung Selor yang wajib anda kunjungi.

Destinasi Wisata di Tanjung Selor Yang Wajib Dikunjungi

1. Kebun Raya Binusan

Perjalanan wisata anda di Tanjung Selor bisa dimulai dengan mengunjungi Kebun Raya Binusan. Kebun satu ini menawarkan pemandangan hutan alami yang memiliki koleksi fauna dan flora yang beragam. Suasana hutannya yang kental, bahkan anda bisa mendengar suara serangga hutan ataupun jika beruntung anda bisa mendengar burung enggang.

Memiliki luas sekitar 74 hektar, pengunjung akan disuguhkan kesegaran dan suasana alami yang masih kental. Anda bisa menemukan vegetasi mulai dari keruing, meranti, hingga mangrove. Bahkan anda bisa menikmati keindahan Air Terjun Binusan yang begitu cantik alami. Berbagai fasilitas pendukung juga disediakan, sehingga memanjakan pengunjung.

Lokasi: Binusan, Kec. Nunukan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara 77482, Indonesia. Google Maps.

2. Islamic Center Nunukan

Islamic Center Nunukan, Salah satu Wisata di Tanjung Selor.
Photo by Google

Tak hanya wisata alam, anda juga bisa menemukan wisata religi di Kalimantan Utara. Islamic Center Nunukan ini bahkan menjadi salah satu wisata yang populer dan hits. Lokasinya ada di Masjid Agung yang masih dalam kawasan Bupati. Dengan begitu tempat wisata ini sangat mudah untuk dijangkau. Bangunan masjid ini juga terlihat luas dan megah menambah daya tariknya.

Terutama ketika malam hari, pemandangan yang ditawarkan akan lebih luar biasa. Hal ini dikarenakan tempat wisata di Tanjung Selor akan dilimpahi dengan pencahayaan yang cantik. Berbagai fasilitas lengkap juga disediakan untuk memanjakan pengunjung. Anda juga bisa berburu foto foto yang instagramable, sehingga pastikan membawa kamera andalan anda.

Lokasi: Mansapa, Nunukan Sel., Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara 77482, Indonesia. Google Maps.

3. Museum Kesultanan Bulungan

Museum Kesultanan Bulungan
Photo by Google

Di Tanjung Selor anda juga bisa menemukan wisata sejarah yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Museum berada di lahan yang luas, dan memiliki pemandangan hijau yang menyejukkan. Bangunan satu ini memiliki ciri khas pada warnanya, yakni paduan silver, kuning dan putih. Peninggalan bersejarah masih terawat dengan apik di dalam museum ini.

Lokasi: Tj. Palas Tengah, Tj. Palas, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara 77211, Indonesia. Google Maps.

4. Taman Tepian Tanjung Selor

Taman Tepian Tanjung Selor, Salah satu Wisata di Tanjung Selor.
Photo by Google

Mengunjungi taman kota juga bukanlah ide yang buruk, terutama ketika sore hari. Di Tanjung Selor, anda bisa mengunjungi Taman Tepian yang hits dan juga memiliki spot foto instagenic. Pemandangan Sungai Kayan serta taman hijau terbuka menjadikan tempat ini cocok untuk melepas penat. Ketika malam hari Taman Tepian juga tak kalah cantik dan mempesona.

Lokasi: Jalan Katamso, Tanjung Selor Hilir, Tanjung Selor, Tj. Selor Hilir, Bulungan, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara 77214, Indonesia. Google Maps.

5. Selimau Park

Selimau Park
Photo by Google

Objek wisata yang cocok untuk liburan keluarga saat di Tanjung Selor adalah Selimau Park. Selimau Park menjadi tempat wisata di Tanjung Selor yang terbilang baru. Berbagai wahana dan fasilitas menarik dihadirkan, mulai dari kolam renang, arena bermain sampai wahana seperti flying fox dan lainnya. Berbagai spot instagenic juga bisa anda temukan di taman rekreasi ini.

Lokasi: Jalan Sunan Ampel, Tj. Selor Tim., Tj. Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara 77212, Indonesia. Google Maps.

6. Wisata Gunung Putih

Wisata Gunung Putih, Salah satu Wisata di Tanjung Selor.
Photo by Google

Gunung Putih menjadi wisata hits di Tanjung Selor selanjutnya yang bisa anda kunjungi. Wisata alam satu ini juga sangat cocok untuk anda yang gemar berpetualang. Puncak gunungnya tak terlalu tinggi, sehingga cocok untuk pemula. Sesampainya di atas, nanti anda akan disuguhkan pemandangan yang menawan. Terdapat juga sebuah gua yang dikenal dengan Gua Burung.

Lokasi: Tj. Palas Tengah, Tj. Palas, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara 77211, Indonesia. Google Maps.

7. Air Terjun Sianak

Air Terjun Sianak
Photo by Google

Tanjung Selor juga menyuguhkan wisata air terjun yang cantik, yakni Air Terjun Si Anak. Air yang jatuh dari ketinggian ini jatuh di tebing eksotis yang membuat suasana alaminya begitu kental. Bebatuan unik dan juga pepohonan rindang turut menghiasi air terjun si Anak ini. Aliran air yang jernih juga mengajak siapapun untuk bermain air di kolam alaminya.

Lokasi: Desa Bambangan, Sebatik, Nunukan, Tanjung Selor, Kalimantan Utara, Indonesia. Google Maps.

8. Air Terjun Idaman

Air Terjun Idaman juga menjadi tempat wisata di Tanjung Selor yang kondang. Bahkan rasanya tak bisa dipisahkan, dan jaraknya hanya sekitar 45 menit dari pusat kota. Air jernih yang mengalir di tebing lebar ini begitu jernih dan segar. Alam sekitarnya juga masih terjaga, dipastikan akan membuat anda betah berlama lama di sini.

9. Wisata Alam Gunung Rian

Air Terjun Gunung Rian
Photo by Google

Untuk membuat liburan anda di Tanjung Selor semakin lengkap, anda bisa mengunjungi Wisata Alam Gunung Rian. Menawarkan panorama pegunungan lengkap dengan air terjun akan membuat anda terpesona. Pepohonan rindang dan air terjun yang jernih memang perpaduan yang luar biasa. Sangat cocok untuk anda yang mencari ketenangan dan melepas penat.

Lokasi: Sedulun, Sesayap, Kabupaten Tana Tidung, Kalimantan Utara, Indonesia. Google Maps.

10. Crown Water Sport

Menginjakkan kaki di Tanjung Selor jangan sampai melewatkan Crown Water Sport. Destinasi satu ini memang begitu hits, bahkan banyak direkomendasikan. Pemandangan alam yang masih alami, dengan aliran sungai yang tak terlalu deras menjadi daya tariknya. Selain itu juga ada banyak watersport dan wahana air yang bisa dinikmati.

Lokasi: Jelarai Selor, Tj. Selor, Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara 77212, Indonesia. Google Maps.

11. Arung Jeram Long Beluah

Kegiatan menantang yang juga seru adalah Arung Jeram, yang bisa dilakukan di Long Beluah. Mengarungi air sungai deras akan memberikan pengalaman menarik tersendiri. Anda juga tak perlu khawatir, karena saat mengunjungi tempat wisata di Tanjung Selor ini sudah dilengkapi dengan pemandu yang profesional. Pemandangan di pinggir sungai juga tak kalah cantik.

Lokasi: Long Beluah, Tj. Palas Bar., Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara 77261, Indonesia. Google Maps.

12. Sumber Air Panas Sajau

Sumber Air Panas Sajau
Photo by Google

Merilekskan tubuh saat bertandang ke Tanjung Selor bisa anda lakukan dengan mengunjungi Sumber Air Panas Sajau. Sumber air panas alami ini menawarkan sensasi liburan yang unik, karena saat berendam air panas ini memiliki manfaat bagi kesehatan. Suasana alamnya yang masih terjaga juga menjadi nilai plus tersendiri.

Lokasi: Sajau, Kec. Tj. Palas Timur, Kab. Bulungan, Kalimantan Utara, Indonesia.

13. Objek Wisata (Pantai) Batu Lamampu

Objek Wisata Batu Lamampu, Salah satu Wisata di Tanjung Selor.
Photo by Google

Tanjung Selor juga diapit dengan pantai pantai yang indah, salah satunya Pantai Batu Lamampu. Memang pantai ini tak memiliki pasir putih, melainkan pasir kehitaman yang eksotis. Batuan karang yang menjulang dan kokoh juga turut hadir menghiasi pantai ini. Anda bisa melakukan berbagai kegiatan menarik bahkan berburu sunsetnya yang cantik.

Lokasi: Tj. Karang, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara, Indonesia. Google Maps.

14. Wisata Pantai Amal

Wisata Pantai Amal, Salah satu Wisata di Tanjung Selor.
Photo by Google

Menghabiskan liburan di Tanjung Selor juga bisa dengan mengunjungi Pantai Amal. Pantai satu ini cocok untuk liburan bersama keluarga atau teman teman. Yang paling kondang dari pantai ini adalah sunsetnya yang elok. Siluet tanaman bakau yang unik dengan paduan pemandangan laut menawan akan menghipnotis siapapun yang datang.

Lokasi: Pantai Amal, Tarakan Tim., Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Google Maps.

15. Pantai Eching (Ecing)

Pantai Ecing (Eching)
Photo by hj_tinaaa on Instagram

Pantai Ecing menjadi destinasi wisata bahari selanjutnya yang bisa dikunjungi. Pasir putih lembut dengan Menara Suaranya yang ikonik menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa bermain air dengan ombak yang terbilang tenang. Hadirnya dermaga juga bisa dijadikan sebagai spot berburu foto foto yang cantik di tempat wisata di Tanjung Selor satu ini.

Lokasi: Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara 77482, Indonesia. Google Maps.

Potensi wisata di Tanjung Selor memang tidak bisa diragukan. Anda bisa menemukan wisata alam maupun wisata buatan yang menarik. Dengan begitu liburan anda akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Memang masih ada banyak tempat lainnya, tetapi yang disebutkan merupakan deretan wisata yang paling kondang dan hits di Tanjung Selor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.