Masjid Agung Banten
Banten, Indonesia

15 Tempat Wisata di Banten Paling Ikonik Dan Populer, Anda Wajib Kunjungi

Berada di ujung barat pulau Jawa, Banten adalah salah satu daerah perlintasan terpadat secara nasional. Didukung dengan perkembangan wilayah dan topografi yang beragam, tidak heran jika terdapat deretan Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi. Dengan potensi wisata yang semakin melonjak, beberapa destinasi pun semakin populer. Berikut adalah ulasannya.

Deretan Destinasi Wisata Yang Tersebar Di Provinsi Banten

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon. Salah satu Tempat Wisata di Banten.
Taman Nasional Ujung Kulon | Photo by Google

Seperti namanya, Taman nasional ujung kulon hanya bisa Anda temukan di ujung barat pulau jawa yakni di Banten. Taman yang dikelola negara ini adalah tempat bersua flora dan fauna khas Indonesia. Yang paling ikonik adalah kehadiran Badak yang mulai langka. Jika Anda berkunjung, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan termasuk berkemah, trekking, dan mengamati alam liar.

Lokasi: Ujungjaya, Kabupaten Pandeglang, Banten, Indonesia. Google Maps.

2. Pantai Anyer

Pantai Anyer, Banten.
Pantai Anyer | Photo by Google

Jika berbicara destinasi wisata ikonik, nama pantai Anyer pasti tidak bisa absent. Pantai ini adalah salah satu dari sekian banyak destinasi wisata bahari terpopuler di Banten. Salah satu alasannya adalah lokasinya yang strategis, sehingga warga Jakarta dan sekitarnya pun bisa mampir. Tidak hanya itu, pesona yang ditawarkan pun over the top.

Pasir putihnya bersih dan meregang sepanjang bibir pantai. Lokasinya yang tepat di bagian barat Jawa pun menjadi jaminan pemandangan sunset cantik. Tidak hanya memberi pesona alam rupawan, tempat wisata di Banten yang satu ini juga hadirkan beragam aktivitas seru. Anda bisa bermain olahraga air, berenang, berselancar, snorkeling, atau menikmati hidangan nikmat.

Lokasi: Jl. Raya Karang Bolong, Bandulu, Kec. Anyar, Serang, Banten, 42166, Indonesia. Google Maps.

3. Gunung Krakatau

Gunung Krakatau. Salah satu Tempat Wisata di Banten dan Lampung.
Gunung Krakatau | Photo by Google

Salah satu objek wisata yang tidak bisa ditemukan di mana pun adalah gunung Krakatau. Gunung berapi dalam air ini adalah lokasi favorit para penghobi pendakian gunung. Kegiatan tersebut akan semakin seru mengingat gunung ini masih aktif dan punya daya explosive luar biasa. Tetapi hal tersebut justru menarik minat wisatawan lokal atau mancanegara untuk mencapai puncaknya.

Lokasi: Jl. Pantura, Pulau Anak Krakatau, Pulau, Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, Indonesia. Google Maps.

4. Masjid Agung Banten

Masjid Agung Banten.
Masjid Agung Banten | Photo by Google

Wisata selanjutnya adalah Masjid Agung Banten. Destinasi ini bisa Anda jadikan objek wisata rohani yang berkesan. Pasalnya, bangunan masjid ini sendiri memiliki nilai sejarah yang sangat kental. Berdiri sejak tahun 1969, kesan jaman dahulu tampak dari suasa arsitektur khas masa perkembangan islam. Namun, yang menjadi nilai plus sendiri adalah perpaduan budaya Jawa, Eropa, China, dan Hindu.

Lokasi: Komplek masjid agung Banten RT/RW 001/011, Banten, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten, 42191, Indonesia. Google Maps.

5. Arung Jeram di Sungai Ciberang

Arung Jeram di Sungai Ciberang. Salah satu Tempat Wisata di Banten.
Arung Jeram di Sungai Ciberang | Photo by Google

Sungai Ciberang hendaknya semakin eksis karena fasilitas menantang adrenalin yang tersedia. Salah satunya adalah arung jeram melalui rute sungai yang masih alami, asri, dan menantang. Mengarungi sungai penuh bebatuan dan arus yang kuat, membuat tempat wisata di Banten ini populer. Lokasi yang masih asri juga membuat pengunjung betah dan rela melewati jalur yang masih terjal.

Lokasi: Kp, Jl. Muhara No.Ds, Ciladaeun, Lebakgedong, Lebak Regency, Banten, 42372, Indonesia. Google Maps.

6. Kampung Baduy (Desa Wisata Suku Baduy)

Kampung Baduy, Desa Wisata Suku Baduy, Banten.
Kampung Baduy (Desa Wisata Suku Baduy) | Photo by Google

Di mana lagi Anda bisa menemukan kampung Baduy jika tidak di Banten? Kampung suku asli Banten ini akan menunjukkan kesan adat sunda yang sangat kental. Yang mana masih sangat bergantung dengan alam sekitar. Di sini pula Anda bisa melihat dengan kedua mata akan kehidupan Suku Baduy luar yang terbuka dengan dunia luar.

Lokasi: Kadujangkung, Bojong Menteng, Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten, 42362, Indonesia. Google Maps.

7. Pantai Tanjung Lesung

Pantai Tanjung Lesung. Salah satu Tempat Wisata di Banten.
Pantai Tanjung Lesung | Photo by Google

Kembali ke wisata alam, kawasan tanjung lesung adalah daerah eksklusif yang memiliki keasrian alam yang masih bersih terawat. Air biru yang tampak jernih dan pasir putih pasti menjadi latar belakang foto tak terlupakan. Tidak hanya itu, terdapat banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini. Termasuk dengan menyelam, bermain air, olahraga air, dll.

Lokasi: Banten, Indonesia. Google Maps.

8. Cagar Alam Pulau Dua / Pulau Burung

Cagar Alam Pulau Dua atau Burung, Banten.
Cagar Alam Pulau Dua / Pulau Burung | Photo by Google

Pulau burung atau yang lebih dikenal sebagai Pulau dua adalah daerah yang memiliki cagar alam melimpah. Dengan daerah seluas 30 Ha, lokasi ini adalah rumah bagi ratusan spesies burung. Berkunjung ke tempat wisata di Banten ini pada bulan Agustus akan meningkatkan kesempatan Anda untuk menyaksikan ratusan burung mampir ke pulau ini.

Lokasi: Sawah Luhur, Kec. Kasemen, Kota Serang, Banten, 42191, Indonesia. Google Maps.

9. Pantai Carita

Pantai Carita. Salah satu Tempat Wisata di Banten.
Pantai Carita | Photo by Google

Tidak kalah populer dengan pantai Anyer, pantai Carita juga punya cerita tersendiri. Di pantai yang terletak di pesisir barat Provinsi barat ini, Anda bisa menyaksikan panorama gunung Krakatau. Ombak yang bersahabat dan pasir putihnya menjadikannya tempat yang cocok untuk menghilangkan penat. Didukung dengan fasilitas lengkap, pantai Carita tidak akan membuat Anda bosan.

Lokasi: Sukarame, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, 42264, Indonesia. Google Maps.

10. Air Terjun Cihear (Curug Cihear)

Air Terjun atau Curug Cihear, Banten.
Air Terjun Cihear (Curug Cihear) | Photo by Google

Banten juga memiliki wisata bahari berupa air terjun yang wajib dikunjungi. Di Gunung leutik, terdapat Air terjun CIhear yang cukup populer. Objek wisata ini dikenal akan bentuk air terjun yang memiliki lebar 6 meter dan ketinggian 25 meter. Lokasinya masih sangat asri, yang mana tidak heran sering ditemukan fauna langka seperti elang Jawa atau monyet di sekitarnya.

Lokasi: Lebaksitu, Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Banten, 42372, Indonesia. Google Maps.

11. Puncak Gunung Pinang Serang

Puncak Gunung Pinang Serang. Salah satu Tempat Wisata di Banten.
Puncak Gunung Pinang Serang | Photo by Google

Nama spot wisata yang satu ini semakin dikenal karena banyaknya spot foto yang instagenik. Para pencinta fotografi atau para penggiat swafoto pun akan betah. Terdapat spot jembatan berbentuk waru, jalan dengan hiasan payung warna warni, dan juga panorama alam yang masih asri. Anda pun bisa menyaksikan pemandangan laut pantai utara Banten dari tempat wisata di banten ini.

Lokasi: Pejaten, Kec. Kramatwatu, Serang, Banten, 42616, Indonesia. Google Maps.

12. Negeri Di Atas Awan

Negeri Diatas Awan.
Negeri Di Atas Awan | Photo by Google

Nama Negeri di atas awan diberikan bukan tanpa alasan. Terletak di puncak gunung Luhur, lebak banten, tempat wisata ini menjadi viral karena pemandangan lautan awan putih. Meski berada di puncak gunung, Anda tidak perlu mendaki. Anda bisa mencapai lokasi kemah dengan kendaraan. Kemudian, Anda bisa menikmati tampilan awan di kala pagi pukul 05:30 hingga pukul 08:00.

Lokasi: Negeri Diatas Awan “GUNUNG LUHUR, Citorek Kidul, Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten, 42394, Indonesia. Google Maps.

13. Situ Cipondoh

Situ Cipondoh.
Situ Cipondoh | Photo by Google

Jika ingin berpiknik bersama keluarga, Situ Cipondoh bisa Anda jadikan pilihan yang tepat. Lokasinya masih begitu asri dan memiliki panorama indah, sehingga cocok untuk menghilangkan penat dengan udara yang sejuk. Danau yang satu ini juga memiliki fasilitas permainan seru seperti flying fox, atau wahana perahu bebek, dan memancing.

Lokasi: Jl. KH Hasyim Ashari No.99, RT.002/RW.009, Cipondoh, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, 15122, Indonesia. Google Maps.

14. Marcopolo Waterpark Adventure

Marcopolo Waterpark Adventure.
Marcopolo Waterpark Adventure | Photo by Google

Selain wisata alamnya, destinasi liburan buatan seperti water park pun bisa Anda kunjungi. Marcopolo water adventure adalah wahana bermain air tematik dengan arsitektur menarik. Beberapa sudut area dan permainan didesain bak berada di kawasan mediterania dengan kapal, bangunan, hingga tumbuhan khasnya. Di sini pula tersedia berbagai kolam dan amenitas lengkap.

Lokasi: Jalan Kampung No.58 Panunggangan Utara Pinang, RT/RW 07/01, Panunggangan Utara, Kec. Pinang, Kota Tangerang, Banten, 15143, Indonesia. Google Maps.

15. Taman (Penangkaran) Buaya Tanjung Pasir

Penangkaran Buaya Tanjung Pasir.
Taman (Penangkaran) Buaya Tanjung Pasir | Photo by Google

Lokasi penangkaran buaya yang satu ini bisa menjadi tempat wisata di banten ikonik yang beda dengan lainnya. Sejak didirikan pada tahun 2002, taman buaya tidak pernah membuat pengunjungnya kehabisan rasa kagum. Terdapat lebih dari 500 ekor buaya yang bisa disaksikan secara langsung. Begitu juga dengan berbagai produk dari kulit buaya atau bahkan bisa membawa pulang telur buaya.

Lokasi: Tj. Pasir, Kec. Teluknaga, Tangerang, Banten, 15510, Indonesia. Google Maps.

Topografi Banten yang luas dan beragam, memberikan potensi Wisata di Banten yang sangat baik. Mulai dari deretan pantai memukau hingga wisata buatan, tidak sedikit yang selalu menarik perhatian pelancong. Keindahan lokasi dan amenitas yang tersedia pun bisa dijadikan penghilang penat. Beberapa destinasi pun punya nilai plus sendiri, yang mana menjadikannya ikonik dan tidak boleh dilewatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.