Taman Pasuk Kameluh
Indonesia, Kalimantan Tengah

15 Tempat Wisata di Palangka Raya dan Sekitarnya Yang Bisa Dikunjungi Saat Liburan

Palangka Raya yang merupakan ibukota Kalimantan Tengah yang menyimpan banyak pesona. Sehingga wajar jika wisata milik kota satu ini perlahan tapi pasti mulai menggeliat. Bagi anda yang kebetulan sedang berada di Palangka Raya, anda bisa mengunjungi beberapa Tempat Wisata di Palangka Raya dan Sekitarnya berikut. Selengkapnya simak ulasan berikut.

Destinasi Wisata Palangka Raya dan Sekitarnya Yang Wajib Dikunjungi

1. Jembatan Kahayan

Jembatan Kahayan, Salah satu Wisata di Palangka Raya yang Bagus.
Jembatan Kahayan | Photo by Djoko Pranowo on Google Maps

Perjalanan anda menjelajah Palangka bisa dilakukan dengan menyusuri Jembatan Kahayan lebih dahulu. Jembatan satu ini memiliki panjang 640 meter dan membentang di Sungai Kahayan. Dengan melewati jembatan ini, anda bisa sekalian mengetahui kehidupan masyarakat asli yang bergantung dengan keberadaan Sungai ini.

Lokasi: Jalan Kapten Piere Tendean, Palangka, Pahandut, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah 74874, Indonesia. Google Maps.

2. Taman Pasuk Kameloh

Taman Pasuk Kameluh, Salah satu Wisata di Palangka Raya yang Bagus.
Taman Pasuk Kameluh | Photo by Djoko Pranowo on Google Maps

Setelah menyusuri jembatannya, anda bisa mampir ke Taman Pasuk Kameloh. Lokasinya berdekatan dengan jembatan Kahayan. Taman satu ini sangat cocok untuk berburu matahari tenggelam. Dari sini anda juga bisa menyaksikan kemegahan jembatan yang berpadu dengan senja. Tidak ketinggalan masjid dengan kubah kerucut, taman ini memang instagenic.

Lokasi: Jl. S. Parman, Langkai, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah 73111, Indonesia. Google Maps.

3. Bukit Tangkiling

Bukit Tangkiling
Bukit Tangkiling | Photo by Johanes Jenito on Google Maps

Anda yang sedang ingin menikmati pemandangan dari ketinggian bisa langsung mengunjungi Bukit Tangkiling. Di bukit ini anda bisa menyaksikan sendiri bagaimana harmonisnya pemeluk agama yang hidup berdampingan. Destinasi yang berada di ketinggian 500 meter, ini terdapat Bukit Doa dan juga bangunan Pura.

Terdapat dua pura di tempat wisata di Palangka Raya ini, yaitu Pura Sali Paseban dan Pura Hindu Kaharingan. Selain menawarkan wisata religi, anda juga bisa menikmati panorama perbukitan hijau yang menyejukkan mata. Anda yang ingin berburu foto cantik ataupun trekking ringan bisa langsung mengunjungi Bukit Tangkiling ini.

Lokasi: Jl. Bukit Banama, Banturung, Palangkaraya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah 73112, Indonesia. Google Maps.

4. Museum Balanga

Museum Balanga, Salah satu Wisata di Palangka Raya yang Menambah Pengetahuan.
Museum Balanga | Photo by Subhan Lokbuntar on Google Maps

Berlibur tidak hanya dengan mengunjungi tempat wisata alam dan hiburan saja, anda bisa mengunjungi museum untuk menambah pengetahuan. Museum Balanga akan mengajak anda untuk lebih mengenal tentang suku dayak. Koleksi mulai dari barang peninggalan hingga teksbook bisa anda temukan. Tidak ketinggalan artefak artefak langkanya yang tersimpan rapi.

Lokasi: Jl. Tjilik Riwut No.KM, Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah 73112, Indonesia. Google Maps.

5. Rumah Adat Betang

Rumah Adat Betang, Salah satu Wisata di Palangka Raya yang Bagus.
Rumah Adat Betang | Photo by Yohanes Mario on Google Maps

Kota Palangka Raya juga memiliki Rumah Adat Betang yang sangat menarik untuk anda kunjungi. Bangunan rumah adat suku dayak ini masih terjaga keasliannya. Setiap sudut rumah adat ini jelas memiliki keunikan tersendiri. Anda juga bisa menjelajah bagian rumah Betang sekalian mengabadikan melalui foto foto yang cantik.

Lokasi: Palangka, Kec. Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah 74874, Indonesia. Google Maps.

6. Kota Air Muara Teweh

Tempat wisata di Palangka Raya dan sekitarnya yang wajib anda kunjungi selanjutnya adalah Kota Air Muara Teweh. Lokasi destinasi ini berada di tepian Barito dan menawarkan panorama yang unik. Deretan rumah tradisional yang terapung menjadi pemandangan unik tersendiri. Masyarakat memang masih menggantungkan hidup dengan adanya sungai sini.

7. Sungai Kahayan

Keberadaan sungai Kahayan bagi masyarakat Palangka Raya memang sangat penting. Bukan hanya untuk kehidupan sehari hari, sungai ini juga dimanfaatkan untuk pariwisata. Dan aktivitas wisata yang bisa anda lakukan ketika berada di Sungai Kahayan adalah dengan susur sungai. Untuk susur sungai anda bisa langsung menuju dermaga Tugu Pahlawan.

Pengalaman susur sungai ini tentunya akan memberikan sensasi sendiri. Setidaknya setiap 3 jam sekali akan ada kapal dengan kapasitas 25 penumpang yang akan mengajak anda menjelajah sungainya yang luas. Keindahan tepi sungainya juga menambah keindahan dari sungai ini. Sekaligus anda bisa berburu foto foto cantik saat kegiatan susur sungai.

8. Taman Wisata Fantasi Beach

Sesuai dengan namanya taman Wisata Fantasi Beach ini sangat cocok untuk wisata keluarga. Lokasinya tak jauh dari pusat kota, sehingga sangat mudah untuk menjangkaunya. Pengunjung bisa melakukan berbagai wahana, mulai dari flying fox, memancing hingga permainan sepeda air. Berkunjung bersama keluarga tentunya akan memberikan pengalaman tersendiri.

9. Danau Tahai

Danau Tahai
Danau Tahai | Photo by Eka Kumala S on Google Maps

Palangka Raya merupakan kawasan lahan danau gambut, dan ada tempat wisata di Palangka Raya yang bisa anda kunjungi adalah Danau Tahai. Danau satu ini memiliki air yang warnanya merah, karena memang disebabkan dari akar pohon gambut. Di sekeliling danau, terdapat rumah rumah lanting atau rumah terapung lengkap dengan jembatan kayunya.

Lokasi: Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia. Google Maps.

10. Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng

Borneo Orangutan Survival Foundation (BOSF) Nyaru Menteng
Photo by Devi Android on Google Maps

Tak jauh dari Danau Tahai, anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Penangkaran Orang Utan Nyaru Menteng. Jarak keduanya memang sangat dekat, sekitar 1 km saja. Di wisata satu ini, anda bisa berinteraksi dengan orang utan lebih dekat. Selain menjadi penangkaran Orang Utan, alam yang masih terjaga hingga jalur trekking yang ada sangat menarik dijelajahi.

Lokasi: Komplek Arboretum Nyaru Menteng, Jl. Tjilik Riwut No.Km 28, Tumbang Tahai, Bukit Batu, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah 73111, Indonesia. Google Maps.

11. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting
Photo by Google

Menginjakkan kaki di Kalimantan Tengah rasanya tak lengkap jika tidak mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting. Anda akan seakan akan sedang berada di Amazon jika mengunjungi taman nasional ini. Menjelajah menggunakan kapal kelotok, anda akan diajak untuk mengunjungi habitat asli orangutan.

Tidak hanya Orang Utan, anda juga bisa bertemu dengan satwa lain seperti kera berwarna kuning, bekantan dan hewan lainnya. Pada beberapa spot, anda juga bisa turun dan berjalan jalan di dalam hutan. Pengalaman menjelajah hutan ini tentunya akan menjadi hal tak terlupakan dalam liburan anda di tempat wisata di Palangka Raya ini.

Lokasi: Langkai, Kec. Pahandut, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah 74874, Indonesia. Google Maps.

12. Rumah Adat Dayak Pasir Panjang

Rumah Adat Dayak Pasir Panjang
Photo by Google

Berinteraksi secara langsung dengan masyarakat Dayak juga akan memberikan pengalaman tersendiri. Di Rumah Adat Dayak Pasir Panjang ini, anda bisa menyaksikan pertunjukkan tari adat, event kesenian hingga upacara adat. Lengkap dengan bangunan rumah adatnya yang memiliki bangunan unik dan filosofi di baliknya.

Lokasi: Pasir Panjang, Kec. Arut Sel., Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah 74181, Indonesia. Google Maps.

13. Air Terjun Tosah

Air Terjun Tosah
Photo by Indra Doank on Google Maps

Kalimantan Tengah juga memiliki air terjun yang bisa anda jelajahi, tepatnya di Kabupaten Murung Raya. Alam di daerah ini memang didominasi oleh perbukitan juga pegunungan dengan udara yang sejuk. Air Terjun Tosah terbilang kondang di kalangan masyarakat yang menyajikan pemandangan menawan.

Air terjun dengan tinggi sekitar 15 meter ini memiliki kolam berundak. Airnya yang jernih dan dikelilingi oleh alam yang masih terjaga tentunya akan membuat betah berlama lama. Ketika akhir pekan atau hari libur, pengunjung Air Terjun Tosah ini akan berkali lipat. Jaraknya juga tak begitu jauh dari pusat kota sehingga bisa dengan mudah anda jangkau.

Lokasi: Muara Jaan, Murung, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah 73911, Indonesia. Google Maps.

14. Pantai Teluk Bogam

Pantai Teluk Bogam. , Salah satu Wisata di Kotawaringin Barat yang Bagus.
Photo by Didik Setiyawan on Google Maps

Tidak hanya hutan, anda juga bisa menikmati wisata bahari yang cantik saat di Kalimantan Tengah. Teluk Bogam yang berada di Kotawaringin Barat menawarkan pemandangan yang menawan. Pasir putih luas dengan air laut yang jernih harus anda tempuh menggunakan perahu klotok. Anda berkesempatan untuk bertemu dugong di pantai satu ini.

Lokasi: Tlk. Bogam, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, Indonesia. Google Maps.

15. Gunung Usung

Gunung Usung
Photo by Muhammad Wahyudin on Google Maps

Untuk membuat perjalanan menjelajah tempat wisata di Palangka Raya dan sekitarnya makin lengkap, anda bisa menaklukkan Gunung Usung. Gunung Usung sebenarnya adalah sebuah bukit yang membutuhkan perjuangan untuk mendakinya. Tetapi semua perjuangan anda akan terbayar lunas begitu tiba di puncaknya.

Lokasi: Muara Sumpoi, Murung, Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah 73911, Indonesia. Google Maps.

Berwisata ke Palangka Raya memang kebanyakan tentang hutan. Jelajah alam di kota satu ini akan memberikan pengalaman tersendiri. Hanya saja, pastikan untuk menjadi wisatawan yang bertanggung jawab. Dengan tidak membuat sampah sembarangan ataupun merusak lingkungan yang ada.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.