Pantai Parai Tenggiri, Salah satu tempat wisata di pangkal pinang.
Indonesia, Kepulauan Bangka Belitung

18 Rekomendasi Tempat Wisata di Pangkalpinang Terhits dan Wajib Dikunjungi

Pangkalpinang menyimpan segudang destinasi wisata memukau yang membuatnya kerap dijadikan sebagai tujuan berlibur. Mulai dari destinasi wisata alam hingga kebudayaan hingga kini terjaga dengan baik. Apa saja Tempat Wisata di Pangkalpinang yang wajib dikunjungi? Silahkan simak ulasan singkat berikut.

Daftar Destinasi Tempat Wisata di Pangkalpinang yang Wajib Dikunjungi

1. Pantai Rambak

Pantai Rambak, Salah satu Tempat Wisata di Pangkalpinang.
Photo by Google

Hamparan pasir putih yang berpadu dengan air laut berwarna biru segar, dijamin membuat wisatawan jatuh cinta kepada Pantai Rambak. Di sepanjang bibir pantainya terlihat batuan granit tampak seperti pelengkapnya. Sejak pertama kali melihat keindahannya secara langsung, sejak saat itu pula wisatawan akan dibuat jatuh hati kepadanya.

Lokasi: Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Google Maps.

2. Pantai Batu Tambun

Pantai Batu Tambun.
Photo by Google

Siapa yang tidak akan jatuh cinta dengan Pantai Batu Tambun? Destinasi wisata yang memiliki air laut yang jernih dilengkapi dengan bongkahan batuan granit ini begitu menarik dikunjungi. Daya tarik Pantai Batu Tambun lainnya terletak pada hamparan pasir putih nan bersihnya seakan mengajak wisatawan untuk berlama lama disana.

Lokasi: Jl. Pulau Belitung, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, 33684, Indonesia. Google Maps.

3. Pantai Pukan

Pantai Pukan, Salah satu Tempat Wisata di Pangkalpinang.
Photo by Google

Pantai Pukan merupakan salah satu tempat wisata di Pangkalpinang yang tidak kalah populer dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Jika dilihat sekilas, wisata pesisir ini akan mengingatkan Anda dengan Pantai Kuta Bali karena menghadap ke arah terbitnya sang fajar. Menyaksikan deburan ombak sambil menikmati hembusan angin lembut berhasil melunturkan penat di pikiran.

Lokasi: Jl. Lintas Timur, Selindung, Kec. Gabek, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, 33172, Indonesia. Google Maps.

4. Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi, Pangkalpinang.
Photo by Google

Sejauh mata memandang, terlihat hamparan pasir berwarna putih di sepanjang area Pantai Pasir Padi. Anda akan kembali dibuat tertegun ketika merasakan kontur pasirnya yang padat, sehingga terasa nyaman ketika menapakkan kaki disana. Sedangkan birunya lautan lepas yang berpadu dengan suara gemuruh ombak, membuatnya semakin nyaman sebagai tempat melepaskan lelah.

Lokasi: Jl. Raya Pasir Padi, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Google Maps.

5. Pantai Tikus

Pantai Tikus.
Photo by Google

Sejak menapakkan kaki di kawasan wisata Pantai Tikus, Anda akan dibuat tertegun melihat garis pantainya yang panjang dan bersih berhasil memanjakan mata. Usai menyusuri bibir pantainya, tidak ada salahnya beristirahat di sebuah pendopo sambil menikmati suasananya yang begitu nyaman dan tentram. Destinasi wisata ini cocok bagi mereka yang mencari ketenangan.

Lokasi: Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, 33211, Indonesia. Google Maps.

6. Pantai Teluk Uber

Pantai Teluk Uber, Pangkalpinang.
Photo by Google

Pantai Teluk Uber selalu berhasil membuat pengunjung jatuh cinta berkat keindahan alamnya. Pasirnya yang putih nan bersih berhiaskan bebatuan granit menjadi daya tarik tersendiri. Deburan ombaknya tidak terlalu besar serta memiliki air laut yang begitu jernih, seakan menarik wisatawan untuk mencoba berenang santai sambil menikmati kesegarannya.

Lokasi: Uber Bay, Parit Padang, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Google Maps.

7. Pantai Tanjung Bunga

Pantai Tanjung Bunga, Pangkalpinang.
Photo by Google

Pantai Tanjung Bunga sedikit berbeda dengan tempat wisata di Pangkalpinang lainnya. Sebab kawasan wisatanya dihiasi dengan bebatuan berwarna merah yang justru menjadi daya tariknya. Lokasinya pun cukup strategis dengan akses yang mudah, sehingga banyak wisatawan yang menjadikannya sebagai tempat tujuan berlibur untuk melepaskan penat.

Lokasi: Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Google Maps.

8. Pantai Matras

Pantai Matras.
Photo by Google

Siapa yang tidak mengenal Pantai Matras? Pantai berpasir lembut yang dihiasi bebatuan besar khas pantai ini terlihat begitu istimewa dikunjungi. Sedangkan suasananya yang nyaman dan tentram sangat cocok bagi mereka yang mencari ketenangan tersendiri. Acara berlibur semakin lengkap berkat adanya wisata kuliner yang siap memanjakan perut.

Lokasi: Jalan Pantai Matras, Sinar Baru, Sungai Liat, Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Google Maps.

9. Pantai Turun Aban

Pantai Turun Aban, Pangkalpinang.
Photo by Google

Pantai Turun Aban tidak akan pernah membosankan untuk dikunjungi. Suguhkan air laut berwarna biru jernih khas Bangka, membuatnya terlihat menawan. Sedangkan pepohonan rindang di sepanjang bibir pantainya seakan menambah daya tariknya. Cukup bersantai di bawah pohon sambil menikmati pesona alamnya, maka rasa lelah di pikiran seakan musnah seketika.

Lokasi: Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Indonesia. Google Maps.

10. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri, Salah satu Tempat Wisata di Pangkalpinang.
Photo by Google

Kontur pantai yang landai, batuan granit, dan hamparan pasir putih adalah daya tarik utama dari Pantai Parai Tenggiri. Bahkan ombaknya yang cenderung tenang, berhasil menjadikan tempat wisata di Pangkalpinang ini sebagai tujuan berlibur yang ramah dikunjungi bersama keluarga. Menikmati suguhan alamnya dapat menghibur pikiran yang sedang kalut.

Lokasi: Sinar Baru, Sungai Liat, Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, Google Maps.

11. Pulau Penganak

Pulau Penganak.
Photo by Google

Pulau Penganak termasuk wisata pesisir yang begitu eksotis dan memanjakan mata. Lokasinya yang tersembunyi, membuatnya jarang diketahui oleh masyarakat luas. Justru karena lokasinya yang tersembunyi, membuat kondisi alamnya tampak asri dan menarik dikunjungi. Suguhkan pesona alam berupa air laut yang jernih, membuat siapapun jatuh hati kepadanya.

12. Pulau Lampu (Pulau Penyusu)

Pulau Lampu (Pulau Penyusu).
Photo by Google

Mencari tempat berlibur asyik dan membawa ketenangan? Cobalah mengunjungi Pulau Lampu sebagai alternatifnya. Pulau dengan goresan alam memukau ini tidak berpenghuni, sehingga kondisi alamnya masih asri dan terjaga dengan baik. Snorkeling dan diving adalah aktivitas menarik selama berada Pulau Lampu yang siap memberikan pengalaman baru tak terlupa.

13. Pulau Ketawai

Pulau Ketawai, Salah satu Tempat Wisata di Pangkalpinang.
Photo by Google

Pulau Ketawai tampaknya wajib masuk dalam daftar kunjungan berikutnya. Kondisi alamnya masih asri dan terjaga, tentu saja menghadirkan segudang keindahan alam yang masih tersembunyi dan belum terjamah manusia. Pengunjung juga bisa melakukan sejumlah aktivitas seru seperti bermain bola hingga menikmati kesegaran kelapa muda untuk melepaskan suntuk sejenak.

Lokasi: Kurau, Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, 33149, Indonesia. Google Maps.

14. Danau Kaolin Air Bara (Kolong Biru Nibung)

Danau Kaolin Air Bara (Kolong Biru Nibung).
Photo by Google

Terkenal dengan keindahannya, siapa yang akan menyangka jika Danau Kaolin Air Bara dulunya merupakan bekas galian dari tambang Kaolin. Seiring berjalannya waktu, bekas galian tersebut kemudian terisi dengan air yang memiliki dua warna terpisah yakni hijau dan biru. Sedangkan bentuknya yang berbukit bukit menjadi daya tarik tersendiri dari Danau Kaolin Air Bara.

Lokasi: Jl. Raya Gadung, Nibung, Koba, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung, 33782, Indonesia. Google Maps.

15. Batu Belimbing

Batu Belimbing.
Photo by Google

Batu Belimbing masuk dalam daftar wisata tempat wisata di Pangkalpinang yang populer dikunjungi wisatawan. Sesampainya di kawasan wisata, pengunjung disuguhkan goresan alam memukau yang begitu memanjakan mata. Banyaknya tumbuhan hijau yang berpadu dengan pesona khas wisata pesisir berhasil menyihir wisatawan berdatangan ke Batu Belimbing.

Lokasi: Jl. Batu Belimbing, Tj. Ketapang, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, 33783, Indonesia. Google Maps.

16. Museum Timah Indonesia

Museum Timah Indonesia, Salah satu Tempat Wisata di Pangkalpinang.
Photo by Google

Museum Timah Indonesia tercatat sebagai satu satunya museum timah yang dimiliki oleh Asia atau bahkan di seluruh dunia. Museum yang didirikan tahun 1958 ini mengajak Anda mengenal sejarah pertimahan yang ada di Bangka Belitung, sekaligus melihat perkembangan teknologi terhitung dari zaman penjajahan Belanda. Unik bukan?

Lokasi: Batin Tikal, Kec. Taman Sari, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, 33684, Indonesia. Google Maps.

17. Rumah Seribu Jendela (Rumah Jendela Inspirasi)

Rumah Seribu Jendela (Rumah Jendela Inspirasi).
Photo by Google

Sesuai pemberian namanya, wisatawan yang berkunjung ke Rumah Seribu Jendela akan dibuat takjub dengan banyaknya jendela bekas berwarna warni pada suatu bangunan. Semua jendela yang terpasang memiliki fungsi serupa layaknya jendela pada umumnya. Namun jumlahnya yang melimpah justru membuatnya tampak unik dan menarik.

Lokasi: Jl. H. Romawi Latief, Kacang Pedang, Gerunggang, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, 33684, Indonesia. Google Maps.

18. Bangka Botanical Garden

Bangka Botanical Garden, Salah satu Tempat Wisata di Pangkalpinang.
Photo by Google

Bangka Botanical Garden masuk dalam daftar tempat wisata di Pangkalpinang hits dan kekinian yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Sebelum dialihfungsikan sebagai kawasan agrowisata, dulunya kawasan wisata ini merupakan pertambangan timah. Puas menikmati suguhan alamnya, wisatawan dapat mencari buah tangan bagi kerabat terdekat.

Lokasi: Jl. Raya Pasir Padi – Kelurahan Temberan, Kecamatan Bukit Intan, Air Itam, Bukit Intan, Air Itam, Bukit Intan, Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, 33684, Indonesia. Google Maps.

Itulah beberapa tempat berlibur asyik yang bisa Anda kunjungi selama menginjakkan kaki di Pangkalpinang. Selain suguhkan sejumlah destinasi wisata, kota satu ini terkenal dengan kerapian dan kebersihannya. Sehingga pengunjung memiliki tugas untuk selalu menjaganya agar kota cantik satu ini selalu bisa menjadi tempat berlibur terbaik sepanjang masa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *