Jembatan Ampera
Indonesia, Sumatra Selatan

18 Tempat Wisata Di Palembang Hits Dan Kekinian

Palembang terkenal sebagai salah satu kota cantik yang kerap dijadikan sebagai tujuan berwisata. Banyaknya destinasi wisata menarik untuk dikunjungi, justru menjadi daya tarik tersendiri yang dapat menarik minat pengunjung untuk datang kembali. Berikut daftar Tempat Wisata di Palembang yang hits dan kekinian dikunjungi bersama sahabat maupun keluarga.

Daftar Wisata Palembang Hits dan Kekinian

1. Air Terjun Lematang Indah

Air Terjun Lematang Indah, Palembang.
Photo by Google

Keindahan alam selalu bisa memberikan kejutan tersendiri, begitu pula ketika mengunjungi Air Terjun Lematang Indah. Untuk bisa melihat keindahannya, wisatawan harus melewati sungai menggunakan ban pelampung sederhana. Usaha keras dan rasa letih selama perjalanan, akan terbayarkan lunas ketika sudah melihat pesona alam sekitar sambil menikmati rintik airnya.

Lokasi: Prahu Dipo, Dempo Sel., Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, 31521, Indonesia. Google Maps.

2. Gunung Dempo

Gunung Dempo.
Photo by Google

Gunung tidak akan pernah membosankan untuk dikunjungi, begitu pula ketika berkunjung ke Gunung Dempo. Gunung yang tercatat sebagai puncak tertinggi yang dimiliki oleh Sumatera Selatan ini menyuguhkan pemandangan indah yang berhasil menyegarkan mata. Berkat keindahannya, lokasi wisata Gunung Dempo pun tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya.

Lokasi: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, Indonesia. Google Maps.

3. Arum Jeram Sungai Manna

Arum Jeram Sungai Manna, Palembang.
Photo by Google

Suka dengan tantangan dan petualangan? Sepertinya berkunjung ke Arum Jeram Sungai Manna adalah agenda paling menyenangkan untuk menghabiskan masa berlibur. Sebelum sampai di lokasi wisatanya, bahkan pengunjung harus trekking ke daerah perkebunan yang mampu menyegarkan mata. Wajar saja jika pecinta alam tertarik mengunjungi tempat wisata di Palembang satu ini.

4. Goa Putri Padang Bindu Baturaja

Goa Putri, Palembang.
Photo by Google

Selama menginjakkan kaki di kota Palembang, janganlah buang kesempatan mengunjungi Goa Putri. Goa dengan panjang kurang lebih 150 meter ini diperkirakan telah berusia 350 tahun. Sesampainya di kawasan wisata, terlihat sebuah patung bernama Batu Putri yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Balian yang mendapatkan sumpah dari si Lidah Pahit.

Lokasi: Padang Bindu, Semidang Aji, Suka Merindu, Semidang Aji, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, 32155, Indonesia. Google Maps.

5. Danau OPI

Danau OPI
Photo by Google

Gerah dan panas akibat sinar matahari yang menyinari kota Palembang, bisa menjadi alasan kuat untuk mengunjungi Danau OPI. Disini pengunjung dapat menikmati berbagai kegiatan air mulai dari mencoba keseruan menaiki wahana banana boat hingga bersepeda bebek. Banyaknya wahana yang bisa dicoba, tidak akan membuat pengunjung merasa bosan selama berada disana.

Lokasi: Sungai Kedukan, Kec. Rambutan, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, 30967, Indonesia. Google Maps.

6. Sungai Gerong

Sungai Gerong, Palembang.
Photo by Google

Masih berada di sekitar Sungai Musi, Anda bisa menemukan sebuah tempat wisata populer bernama Sungai Gerong. Lokasi ini cocok sebagai tempat piknik sederhana bersama dengan keluarga maupun sahabat, sambil menikmati sajian keindahan alam sekitar. Selain dijadikan sebagai tempat berlibur, tempat wisata di Palembang ini juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas olahraga.

7. Danau Ranau

Danau Ranau, Palembang.
Photo by Google

Danau Ranau tercatat sebagai danau terbesar nomor dua di Pulau Sumatera. Bahkan dari kejauhan, pesona keindahannya tampak terpancarkan dengan jelas yang membuat siapapun penasaran untuk melihatnya dari dekat. Sedangkan lokasinya yang berada di daerah perbukitan, berhasil menghadirkan udara sejuk dan menyegarkan.

Lokasi: banding agung ranau, Tj. Agung, Banding Agung, Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan, Sumatera Selatan, Indonesia. Google Maps.

8. Taman Wisata Alam Hutan Punti Kayu

Taman Wisata Alam Hutan Punti Kayu.
Photo by Google

Bosan dengan suasana perkotaan yang padat dan bising? Dalam keadaan suntuk, rasanya berlibur ke Hutan Punti Kayu adalah pilihan tepat. Lokasinya yang berada tepat di jantung kota Palembang membuatnya menarik dikunjungi kapanpun diinginkan. Suasananya yang tentram dan nyaman, berhasil menyihir wisatawan agar betah berlama lama disana.

Lokasi: Jalan Kol. Burlian Km. 6,5, Karya Baru, Alang Alang Lebar, Karya Baru, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30961, Indonesia. Google Maps.

9. Kebun Teh Dempo

Kebun Teh Dempo, Palembang.
Photo by Google

Jika merindukan hamparan lautan hijau di depan mata, sepertinya berkunjung ke Kebun Teh Dempo bisa menjadi pilihan tepat. Selain menyegarkan indra penglihatan, suasananya yang masih alami nan sejuk berhasil membujuk wisatawan berlama lama disana. Tidak heran jika kawasan wisata satu ini selalu menjadi tujuan berlibur dikala suntuk.

Lokasi: Jl. Alamsyah Ratu Prawiranegara, Pagar Wangi, Dempo Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, 31581, Indonesia. Google Maps.

10. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari.
Photo by Google

Bagi Anda yang rindu dengan suasana tenang dan damai berkat suara gemericik air, maka berkunjung ke Air Terjun Bidadari bisa menjadi solusi terbaik. Setiap mata memandang, Anda disuguhkan dengan pemandangan serba hijau yang membuatnya semakin menarik dipandang. Beruntungnya akses menuju kawasan wisata telah diperbaiki, sehingga tidak sulit menggapainya.

Lokasi: Atung Bungsu, Dempo Selatan, Trans SP II Padang Muara Dua, Gumay Ulu, Trans SP II Padang Muara Dua, Gumay Ulu, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, 31356, Indonesia. Google Maps.

11. Pagoda Pulau Kemaro Palembang

Pagoda Pulau Kemaro, Palembang.
Photo by Google

Pagoda Pulau Kemaro Palembang termasuk tempat wisata di Palembang yang cukup populer dikunjungi wisatawan dari berbagai penjuru daerah. Pagoda dengan 9 lantai ini berdiri kokoh tepat di tengah pulau yang membuatnya tampak mencolok dibandingkan dengan bangunan lainnya. Hingga saat ini, Pagoda masih dijadikan sebagai tempat ibadah sekaligus tempat berlibur.

Lokasi: 1 Ilir, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Google Maps.

12. Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang

Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II.
Photo by Google

Masjid Agung Palembang adalah salah satu destinasi wisata religi yang ada di Palembang. Tempat ibadah yang begitu megah nan indah ini disebut sebagai masjid terbesar yang bisa ditemukan di Kota Palembang. Keunikannya sendiri terlihat dari adanya 3 budaya yang berasal dari Eropa, Indonesia, dan Cina ini tampak menyatu indah dalam satu bangunan.

Lokasi: Jl. Jend. Sudirman, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30111, Indonesia. Google Maps.

13. Masjid Lawang Kidul

Masjid Lawang Kidul.
Photo by Google

Ketika berjalan jalan di sekitar sungai Musi, kemungkinan Anda akan menemukan satu tempat ibadah bernama Masjid Lawang Kidul. Siapa sangka jika tempat beribadah yang diperkirakan berumur dua abad ini, menyimpan cerita sejarah panjang terkait dengan perkembangan Islam yang hingga kini masih dijaga.

Lokasi: Lorong Masjid Lawang Kidul, Lawang Kidul, Kec. Ilir Tim. II, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30118, Indonesia. Google Maps.

14. Masjid Cheng Ho

Masjid Cheng Ho, Palembang.
Photo by Google

Masjid Cheng Ho masuk dalam daftar wisata religi di Palembang yang tidak kalah menarik dikunjungi. Tempat wisata di Palembang yang begitu megah dan luas ini, diperkirakan mampu menampung kurang lebih 600 jamaah dalam waktu bersamaan. Sedangkan gaya arsitektur Cina membuat Masjid Cheng Ho terlihat semakin menawan.

Lokasi: 15 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30267, Indonesia. Google Maps.

15. Museum Al Qur’an Palembang

Museum Al Qur’an, Palembang.
Photo by Google

Museum Al Qur’an Palembang berhasil mencuri perhatian wisatawan dari berbagai daerah, berkat adanya Al Qur’an berukuran raksasa tersimpan di dalamnya. Buku panduan hidup umat Islam ini terbuat dari kayu tembesu yang diperkirakan memiliki panjang 177 cm, lebar 40 cm, serta ketebalan mencapai 2.5 cm. Sejak melihatnya dari dekat, Anda akan dibuat kagum tiada henti.

Lokasi: Jl. Moh. Amin, Gandus, Kec. Gandus, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30149, Indonesia. Google Maps.

16. Kelenteng Chandra Nadi

Kelenteng Chandra Nadi
Photo by Google

Selama berkunjung ke Palembang, mampirlah sebentar di Kelenteng Chandra Nadi. Tempat ibadah yang diperkirakan berusia ratusan tahun ini dianggap sedikit berbeda dibandingkan destinasi wisata religi lainnya. Sebab hampir seluruh bangunannya didominasi oleh warna merah, yang justru membuat Kelenteng Chandra Nadi tampak eksotis nan mewah.

Lokasi: Jl. Benteng, 9/10 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30111, Indonesia. Google Maps.

17. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera, Palembang.
Photo by Google

Belum pernah ke Palembang namanya jika tidak singgah sebentar di Jembatan Ampera sambil menikmati keindahan Sungai Musi. Bukan jembatan penyeberangan semata, namun disinilah pengunjung bisa menikmati keindahan alam sekitar ketika menyusuri jalannya. Sore hari, adalah waktu terbaik untuk menyaksikan langit senja ditemani gemerlap lampu di wilayah seberang.

Lokasi: Jl. Lintas Sumatera, 9/10 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30111, Indonesia. Google Maps.

18. G Art Studio Palembang

G Art Studio, Palembang.
Photo by Google

Ada banyak cara untuk menikmati hari libur, salah satunya dengan mengunjungi tempat wisata di Palembang G Art Studio. Lokasinya yang berada di Gedung Gramedia World Palembang ini cocok bagi mereka yang ingin mencari tempat berfoto kekinian. Suguhkan segudang spot foto bergambar 3D, berhasil menipu mata serta memberikan hasil jepretan menakjubkan.

Lokasi: Jl. Kol. H. Burlian, Karya Baru, Kec. Sukarami, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30961, Indonesia. Google Maps.

Mengunjungi Palembang termasuk salah satu cara untuk menikmati hari berlibur tanpa pernah merasa bosan. Menyimpan segudang destinasi wisata menarik dikunjungi, berhasil membuat wisatawan tidak pernah bosan mengunjungi Palembang di kemudian hari. Mulai destinasi wisata alam, wisata sejarah, hingga wisata buatan bisa ditemukan disini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.