Museum Fotografi Kediri
Indonesia, Jawa Timur

4 Tempat Wisata Sejarah di Kediri yang Wajib Dikunjungi Untuk Menambah Pengetahuan

Kediri merupakan sebuah kota yang terkenal memiliki sejarah masa lampau yang menarik. Bukan hanya yang berhubungan dengan masa kolonial, anda juga dapat menemukan berbagai tempat wisata sejarah yang berkaitan dengan era perkembangan zaman Hindu Budha. Yuk simak daftar tempat wisata sejarah di Kediri yang menarik berikut ini.

Pilihan Objek Wisata di Kediri yang Menyimpan Banyak Sejarah

1. Museum Airlangga

Museum Airlangga, Salah satu Wisata Sejarah di Kediri.
Museum Airlangga | Photo by Google

Wisata pertama ada Museum Airlangga. Museum Airlangga adalah tempat pertama yang cocok bagi anda untuk mengenal berbagai benda peninggalan sejarah. Di dalam destinasi ini, anda bisa menemukan berbagai barang peninggalan zaman Kerajaan Mataram Hindu. Objek wisata tersebut dulunya dibuka pada tahun 1992 dan masih beroperasi hingga saat ini.

Meskipun desain bangunannya dari luar terlihat sederhana, di dalamnya terdapat kurang lebih 118 koleksi artefak yang didominasi oleh arca dan yoni. Salah satu benda yang paling populer di museum tersebut adalah Arca Siwa yang berada di ruang utama candi. Arca ini bisa anda lihat dengan membayar biaya yang terjangkau karena tiket masuknya hanya sekitar 1000 rupiah saja.

Lokasi: Jl. Lingkar Maskumambang, Pojok, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64115, Indonesia. Google Maps.

2. Museum Fotografi Kediri

Museum Fotografi Kediri, Salah satu Wisata Sejarah di Kediri.
Museum Fotografi Kediri | Photo by Google

Selain museum yang menyimpan benda dari zaman Hindu Budha, wisata sejarah di Kediri yang menarik lainnya adalah museum yang menyimpan berbagai foto dari masa lalu. Destinasi tersebut dikenal dengan nama Museum Fotografi Kediri. Di dalam lokasi tersebut, terdapat sekitar 300 foto yang menggambarkan sejarah perkembangan kota tahu yang satu ini.

Banyak wisatawan yang datang dan tertarik untuk mengetahui bagaimana progres Kota Kediri hingga bisa maju seperti sekarang ini. Selain foto, anda juga dapat melihat berbagai koleksi kamera antik yang bahkan saat ini sudah tidak tersedia di pasaran. Bahkan kamera saku yang dulunya cukup populer juga dapat anda temukan di antara pajangan yang ada di sana.

Lokasi: Jl. Kapten Tendean No.60/160, Ngronggo, Kec. Kota Kediri, Kota Kediri, Jawa Timur 64127, Indonesia. Google Maps.

3. Gereja Merah Kediri

GPIB Jemaat Immanuel Kediri | Gereja Merah Kediri, Salah satu Wisata Sejarah di Kediri.
GPIB Jemaat Immanuel Kediri | Gereja Merah Kediri | Photo by Google

Penjajahan Belanda memang meninggalkan luka bagi rakyat Indonesia dan menorehkan memori kelam, meskipun begitu banyak sekali bangunan bersejarah yang bisa anda temukan saat ini. Salah satu bangunan wisata sejarah di Kediri yang berhubungan dengan masa kolonial dan masih berfungsi sampai sekarang adalah Gereja Merah Kediri.

Gereja itu dibangun pada tahun 1904, yang artinya konstruksi tersebut sudah berdiri selama 100 tahun. Pada awalnya, dinding luar gereja berwarna putih namun saat ini sudah direnovasi menggunakan cat berwarna merah. Meskipun begitu, ornamen di dalamnya masih khas Eropa dan tidak mengalami perubahan sedikitpun.

Lokasi: Jl. KDP Slamet No.43, Bandar Lor, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64114, Indonesia. Google Maps.

4. Candi Tegowangi

Candi Tegowangi
Candi Tegowangi | Photo by Google

Wisata terakhir adalah Candi Tegowangi. Candi merupakan sebuah lokasi wisata yang penuh sejarah yang tak kalah menarik untuk ditelisik lebih dalam. Apabila datang ke sana, anda akan langsung dapat melihat bagaimana kokohnya bangunan dari tahun 1400 masehi itu. Meskipun umurnya sudah lebih dari 500 tahun, setiap reliefnya masih bisa terlihat dengan jelas menghiasi setiap sudut candi.

Pahatan tersebut menceritakan tentang kisah penyucian Dewi Durga menjadi Dewi Uma. Di sekitaran tempat wisata sejarah di Kediri ini juga terdapat banyak puing puing candi kecil dan berbagai arca yang membuat wisatawan semakin penasaran. Meskipun lokasinya tidak terawat dengan baik, lokasi tersebut masih menjadi wisata edukasi yang sayang untuk dilewatkan.

Lokasi: Candirejo, Tegowangi, Kec. Plemahan, Kediri, Jawa Timur 64155, Indonesia. Google Maps.

Beberapa lokasi wisata yang telah disebutkan tadi bisa menjadi referensi bagi anda yang datang ke Kediri untuk berlibur bersama dengan keluarga. Salah satu kelebihan objek wisata tersebut adalah harganya yang murah sehingga tidak akan menghabiskan budget para wisatawan yang singgah. Dengan begitu, anda bisa berkeliling ke banyak tempat tanpa was was perihal budget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.