Danau Labuan Cermin
Indonesia, Jambi, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat, Papua

Deretan 5 Danau Unik di Indonesia yang Siap Memanjakan Mata

Membicarakan keindahan alam yang dimiliki Indonesia memang tidak akan pernah ada habisnya. Dari sekian banyak destinasi wisata alam yang ada, siapa sangka jika Indonesia memiliki beberapa danau cantik dan unik yang tidak akan pernah ditemukan di negara lainnya. Penasaran dengan kecantikan danau unik di Indonesia? Berikut ulasannya.

Rekomendasi Danau Tercantik yang Ada di Indonesia

1. Danau Kawah Putih, Jawa Barat

Danau Kawah Putih, Bandung, Jawa Barat.
Photo by Google

Siapa yang tidak jatuh hati kepada Danau Kawah Putih Jabar ? Destinasi wisata alam yang bisa ditemukan di puncak Gunung Patuha ini, siap memanjakan para pengunjungnya dengan keindahan danaunya yang berwarna putih kehijauan yang dapat berubah sewaktu waktu. Bahkan pengunjung melihat warna putih di setiap mata memandang.

Walaupun terlihat indah dipandang, wisatawan dilarang untuk mencicipi air danaunya karena tergolong beracun. Zat racun tersebut berasal dari kandungan asam yang dihasilkan aktivitas vulkanik tepat di dasar danaunya. Para pengunjung pun disarankan mengenakan masker agar tidak menghirup gas belerang terlalu berlebihan.

Lokasi: Jalan Raya Ciwidey Patengan Km 11 Lebakmuncang Ciwidey, Sugihmukti, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat, 40972, Indonesia. Google Maps.

2. Danau Paniai, Papua

Danau Paniai, Papua.
Photo by Google

Berkunjung ke Danau Paniai Papua adalah pilihan tepat bagi wisatawan yang sedang berburu danau unik di Indonesia. Bahkan para pengunjung sudah dibuat takjub sejak menapakkan kaki di kawasan wisatanya berkat warna danaunya yang terlihat menyegarkan dan tergolong masih asri. Tidak heran jika banyak wisatawan dari luar daerah penasaran untuk melihatnya langsung.

Selain suguhkan pemandangan alam yang berhasil memanjakan mata, wisatawan yang beruntung bisa menemukan berbagai hewan dari spesies yang langka khas Papua. Mulai dari udang selingkuh, kikan sembilan hitam, ikan pelangi, dan ikan karper. Jangan lupa untuk mengambil beberapa foto terbaik yang akan menjadi kenang kenangan di masa depan.

Lokasi: Mogeya, Paniai Barat, Kabupaten Paniai, Papua, Indonesia. Google Maps.

3. Danau Satonda, Nusa Tenggara Barat

Pulau dan Danau Satonda, Salah satu Danau Unik di Indonesia, Nusa Tenggara Barat.
Photo by Google

Danau Satonda NTB masuk dalam daftar danau terunik yang akan membuat siapapun menggelengkan kepala karena dibuat takjub dibuatnya. Ketika dilihat sekilas, kemungkinan pengunjung tidak akan pernah paham apa yang membuat danau ini begitu istimewa. Sebab tampak luarnya hampir serupa dengan danau pada umumnya.

Jika danau umumnya diisi dengan air tawar, maka Danau Satonda NTB diisi dengan air asin berkat adanya kandungan alkalinitas cukup tinggi. Alhasil pengunjung bisa merasakan sensasi mengapung bak berada di Laut Mati. Tentu saja danau unik di Indonesia ini ramah dikunjungi bagi wisatawan yang belum bisa berenang.

Lokasi: Nangamiro, Dompu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Google Maps

4. Danau Gunung Tujuh, Jambi

Danau Gunung Tujuh, Salah satu Danau Unik di Indonesia, Jambi.
Photo by Google

Danau Gunung Tujuh Jambi merupakan salah satu destinasi wisata yang tidak kalah indah untuk dikunjungi. Danau yang terbentuk dari letusan gunung berapi ini berlokasi di puncak gunung dengan ketinggian kurang lebih 1.950 mdpl. Hanya dengan mendengarnya saja, tentu saja pengunjung bisa membayangkan betapa dinginnya air di dalam danau tersebut.

Lokasi: Danau, Gn. Tujuh, Kabupaten Kerinci, Jambi, 37163, Indonesia. Google Maps.

5. Danau Labuan Cermin, Kalimantan Timur

Danau Labuan Cermin, Salah satu Danau Unik di Indonesia, Kalimantan Timur (Kaltim).
Photo by Google

Sesuai pemberian namanya sendiri, Danau Labuan Cermin Kaltim suguhkan keindahan dari kejernihan airnya yang membuat siapapun tak berhenti takjub ketika melihatnya secara langsung. Bagaimana tidak, pasalnya wisatawan dapat menyaksikan dasar danau dengan jelas bak sedang bercermin. Hanya dengan melihatnya saja, siapapun akan dibuat jatuh hati kepadanya.

Uniknya air di dalam danau unik di Indonesia ini dibagi menjadi dua kategori, yakni air tawar dan air asin. Kedua jenis air tersebut tidak menyatu bak danau pada umumnya. Bahkan jenis ikan yang hidup di dalamnya pun ikut berbeda. Wisatawan kembali dibuat takjub tiada henti ketika mendapatkan kesempatan untuk bersnorkeling riang untuk melihat keindahannya dari dekat.

Lokasi: Biduk-Biduk, Biduk Biduk, Biduk-Biduk, Biduk Biduk, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, 77373, Indonesia. Google Maps.

Itulah deretan danau cantik yang siap memanjakan mata para pengunjungnya. Selain menikmati dan takjub akan ciptaan Tuhan, para pengunjung diharapkan dapat menjaga sekaligus melestarikannya bagi anak cucu kelak. Tidak perlu turun aksi atau apapun, namun yang paling dibutuhkan adalah kesadaran diri untuk tidak merusak lingkungan sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.