Baloy Mayo Adat Tidung
Indonesia, Kalimantan Utara

Menjadi Bukti Kekayaan Indonesia, Berikut Daftar 5 Tempat Wisata di Tarakan

Tarakan merupakan kota di Kalimantan Utara yang berbentuk pulau kecil. Meski demikian, pulau yang pernah menjadi titik pertemuan nelayan ini menjadi kota terbesar dan terkaya di Kalimantan Utara. Tak ayal jika tempat ini menyimpan daya tarik tersendiri. Tempat Wisata di Tarakan pun menjadi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Daftar Wisata di Tarakan Yang Menarik Untuk Dikunjungi

1. Tebing Karang Tanjung Pasir

Tebing Karang Tanjung Pasir
Tebing Karang Tanjung Pasir | Photo by Direktori Pariwisata

Wisata yang satu ini, Tebing Karang Tanjung Pasir, merupakan objek wisata yang banyak diminati wisatawan. Tempat ini menawarkan tebing gunung kapur yang berjejeran dengan warna putih keruh. Menariknya, tempat wisata ini dikelilingi oleh pepohonan dan rumput hijau. Tak ayal jika tempat ini menjadi wisata yang indah dan sangat eksotis.

Objek wisata yang terletak di Mamburungan Tarakan dihadirkan dengan jejeran tebing karang dengan ketinggian berbeda. Meski demikian, tempat ini menjadi hal unik yang dapat diminati pesonanya. Anda dapat berburu foto maupun bermain bersama disini. Menariknya, Tebing Karang Tanjung Pasir bahkan sangat sulit ditemui di tempat lainnya.

Lokasi: Mamburungan, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Google Maps.

2. Kawasan Konservasi Mangrove Dan Bekantan

Kawasan Konservasi Mangrove Dan Bekantan, Salah satu Wisata di Tarakan yang Mempesona.
Kawasan Konservasi Mangrove Dan Bekantan | Photo by Google

Tempat wisata di Tarakan selanjutnya yang bisa anda kunjungi adalah kawasan konservasi mangrove dan bekantan. Lazimnya, tempat ini menawarkan keelokan hutan mangrove yang sangat rimbun dan alami. Anda bahkan bisa menemukan keanekaragaman berbagai flora dan fauna di tempat ini.

Tentu saja, anda bisa menemukan berbagai pepohonan rindang di kawasan kebun mangrove. Nuansa alami yang dipadukan dengan kesejukan membuat siapa saja betah berkeliling di tempat ini. Selain itu, kawasan konservasi bekantan yang dijadikan satu pada lokasi ini membuat anda dapat mengenal lebih dekat dengan hewan primata khas Kalimantan.

Lokasi: Karang Rejo, Tarakan Barat, Karang Rejo, Tarakan Bar., Kota Tarakan, Kalimantan Timur, Indonesia. Google Maps.

3. Museum Flora Dan Fauna Tarakan

 Museum Flora Dan Fauna Tarakan
Museum Flora Dan Fauna Tarakan | Photo by Google

Salah satu kota di Kalimantan Utara nyatanya juga menyajikan wisata edukatif sebagai kegiatan liburan menyenangkan bersama keluarga. Museum Flora dan Fauna Tarakan yang bisa anda kunjungi di Desa Pamusian menghadirkan berbagai jenis binatang dan tanaman. Khususnya berbagai binatang dan tanaman endemic khas Kalimantan Utara.

Tentu saja, Museum Flora dan Fauna ini termasuk tempat wisata di Tarakan yang menyuguhkan pesona tersendiri. Selain mempelajari berbagai flora dan fauna secara nyata, tempat ini dihadirkan dengan pemandangan yang bagus. Tak ayal jika banyak pelajar mulai dari tingkatan taman kanak-kanak hingga mahasiswa banyak yang mengunjungi tempat ini.

Lokasi: Pamusian, Tarakan Tengah, Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Google Maps.

4. Pantai Binalatung

Pantai Binalatung, Salah satu Wisata di Tarakan yang Indah.
Pantai Binalatung | Photo by Instagram: ms_elisaa

Tarakan sebagai wilayah kepulauan juga memiliki objek wisata pantai yang sangat mengesankan. Wisata pasir putih dengan air yang jernih ini dihadirkan dengan deburan ombak yang mengagumkan. Tak ayal jika tempat ini banyak dipenuhi oleh wisatawan yang ingin bersantai hingga bermain pasir maupun air laut.

Lokasi Pantai Binalatung yang cukup strategis membuat tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun berbagai daerah. Terlebih lagi ketika akhir pekan maupun hari libur. Selain menikmati keindahan pantai yang ditawarkan, objek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas lengkap untuk menunjang aktivitas anda.

Lokasi: Pantai Amal, Tarakan Tim., Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Google Maps.

5. Baloy Adat Tidung

Baloy Mayo Adat Tidung
Baloy Mayo Adat Tidung | Photo by Google

Bagi pecinta sejarah wajib mengunjungi tempat wisata di Tarakan yang satu ini. Baloy Adat Tidung pada dasarnya merupakan museum yang menghadirkan peninggalan Kerajaan Tarakan atau dikenal dengan Kerajaan Tidung. Rumah Baloy dengan fungsi yang berbeda maupun benda peninggalan Suku Tidung bisa anda dapatkan di tempat ini.

Lokasi: Karang Anyar Pantai, Tarakan Bar., Kota Tarakan, Kalimantan Utara, Indonesia. Google Maps.

Tarakan sebagai kota terkaya dan terluas memiliki tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi. Wisata alam hingga wisata sejarah bisa diperoleh dengan mudah di tempat ini. Terlebih lagi tempat ini memiliki lokasi yang sangat strategis untuk dikunjungi. Untuk itu, kegiatan liburan bersama maupun solo travel bisa anda lakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.