Sekanak Sidewalk
Indonesia, Sumatra Selatan

5 Wisata Palembang yang Wajib Dikunjungi Saat Berkunjung ke Bumi Sriwijaya

Makanan khas Palembang yaitu pempek rasanya sudah begitu dikenal oleh masyarakat di seantero negeri. Selain makanan khas, bumi sriwijaya ini nyatanya juga memiliki branding yang baik pada sektor pariwisatanya. Bahkan menjadikan kota tersebut sebagai salah satu tempat wisata paling laris di Pulau Sumatera. Berikut rekomendasi tempat wisata Palembang yang bisa anda kunjungi.

Daftar Objek Wisata di Palembang

1. Jembatan Ampera

Jembatan Ampera, Salah satu Wisata Palembang yang Wajib Dikunjungi.
Photo by Google

Menjadi ikon dari Kota Palembang, tentu tidak afdol jika bertandang ke kota ini tanpa bersua dengan Jembatan Ampera. Mulanya jembatan dengan panjang sekitar 1.177 meter serta lebar 22 meter ini mempunyai nama Jembatan Bung Karno. Ini merupakan bentuk penghargaan pada Soekarno, yang memperjuangkan keinginan rakyat untuk mendirikan jembatan di atas Sungai Musi.

Akan tetapi, Soekarno tidak setuju atas pemberian nama tersebut. Sehingga jembatan ini diberi nama Ampera sesuai dengan fungsinya yaitu Amanat Penderitaan Rakyat, yang dijadikan slogan bangsa pada tahun 1960 an. Selain melihat keindahan Sungai Musi, di sini anda bisa melakukan wisata kuliner. Karena cukup banyak pedagang di sekitaran sungai tersebut.

Lokasi: Kota Palembang, Sumatera Selatan, Indonesia. Google Maps.

2. Sekanak Sidewalk

Sekanak Sidewalk, Salah satu Wisata Palembang yang Wajib Dikunjungi.
Photo by senjakelabu29 from Pixabay

Masih berada tidak jauh dari Sungai Musi, tempat wisata Palembang berikutnya yang wajib untuk dikunjungi yaitu Sekanak Sidewalk. Objek wisata satu ini diresmikan untuk menyambut Asian Games 2018 silam yang diadakan di Palembang. Bentuk wisatanya sendiri mengusung tema modern dan kekinian.

Konsep pinggiran sungai ini didesain full color, sehingga menjadi salah satu tempat instagramable di Palembang yang banyak diburu oleh masyarakat milenial. Ditambah lagi dengan banyaknya bangunan tua di sekitar yang masih berdiri kokoh. Menjadikan area ini terasa lebih unik di mata para wisatawan.

Lokasi: Talang Semut, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan, 30113, Indonesia. Google Maps.

3. Gunung Dempo

Gunung Dempo
Photo by Google

Bagi anda yang memiliki jiwa petualang dan suka mendaki, maka Gunung Dempo bisa menjadi destinasi terbaik untuk dituju ketika berada di Palembang. Gunung yang mempunyai ketinggian sekitar 3.159 mdpl ini menyajikan pemandangan indah. Dari atas gunung, anda bisa melihat berhektar hektar kebun teh yang menyejukkan mata.

Ditambah lagi, tempat wisata Palembang ini memiliki kawah yang sewaktu waktu bisa berubah warna. Terkadang warnanya menjadi hijau, biru, atau putih sehingga membuatnya menjadi semakin unik. Selain itu, jika anda merupakan wisatawan yang berasal dari Pulau Jawa, di sini anda bisa menemukan Kampung Ampat yang mana masyarakatnya kebanyakan berasal dari suku Jawa.

Lokasi: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, Indonesia. Google Maps.

4. Air Terjun Bidadari

Air Terjun Bidadari, Salah satu Wisata Palembang yang Wajib Dikunjungi.
Photo by Google

Objek wisata alam Air Terjun Bidadari juga tidak kalah mampu menyajikan keindahan dan kesejukan rupawan, yang mana tidak dapat anda rasakan setiap hari di kawasan tengah kota. Dengan ketinggian kurang lebih 30 meter, air terjun ini mampu menghipnotis setiap pengunjung yang menyaksikannya.

Air jernih yang berpadu suasana sejuk di sekitar akibat rindangnya pepohonan benar benar membuat anda merasa sedang di alam. Dimana pohon pohon rindang yang ada di sekitar ai terjun ini tumbuh subur dan membentuk struktur seperti goa. Biasanya banyak burung serta kupu kupu yang berterbangan di sekitar pohon tersebut.

Lokasi: Atung Bungsu, Dempo Selatan, Trans SP II Padang Muara Dua, Gumay Ulu, Trans SP II Padang Muara Dua, Gumay Ulu, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan, 31356, Indonesia. Google Maps.

5. Amanzi Waterpark

Amanzi Waterpark, Salah satu Wisata Palembang yang Wajib Dikunjungi.
Photo by Google

Tempat wisata Palembang berikutnya ini sangat cocok dikunjungi bersama keluarga. Terlebih bagi anda dan keluarga yang menyukai wisata berupa taman air, maka Amanzi Waterpark ini menjadi solusinya. Di sini tersedia kolam renang luas ditambah dengan wahana slide besar melingkar, sehingga para pengunjung bisa bermain air sepuasnya.

Lokasi: Komp. CitraGrand City Copacabana Lifestyle Center Blok D No.38, Jl. Bypass Alang-Alang Lebar No.KM12, Talang Klp., Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30154, Indonesia. Google Maps.

Itulah beberapa destinasi wisata menarik yang bisa anda kunjungi selama berada di kota Palembang. Mulai dari wisata yang memiliki latar belakang sejarah, wisata alam, wisata bahari, hingga wisata kekinian bisa anda temukan di sini. Palembang memang tidak hanya kaya akan makanan khas yang lezat, tapi juga memiliki keberagaman pariwisata yang layak dijelajahi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.