Masjid Amirul Mukminin
Indonesia, Sulawesi Utara, Sumatra Selatan

6 Tempat Wisata di Sulawesi Terbaik yang Wajib Dikunjungi

Dari Sabang hingga Merauke, Indonesia memiliki banyak destinasi wisata menarik, termasuk di Sulawesi. Suguhan budaya dan alam yang mempesona tidak kalah menarik dari daerah wisata lain. Berikut 6 tempat wisata di Sulawesi terbaik yang wajib kamu kunjungi.

Rekomendasi Tempat Wisata di Sulawesi Terbaik

1. Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken, Salah satu Tempat Wisata di Sulawesi Terbaik.
Photo by rbekibe on Instagram

Destinasi wisata pertama adalah Taman Nasional Bunaken yang populer hingga ke mancanegara. Tidak hanya daratan, taman nasional ini juga mencakup kekayaan alam yang ada di bawah permukaan laut. Tempat ini terkenal dengan terumbu karang yang sangat indah.

Terumbu karang tersebut menjadi tempat tinggal puluhan jenis ikan, seperti ikan lolosi ekor kuning dan ikan kuda gusumi. Untuk memfasilitasi wisatawan yang ingin menikmati keindahan di dalam laut, pengurus Taman Nasional Bunaken menyediakan perlengkapan menyelam.

Lokasi: Liang Beach Bunaken, Wori, Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Indonesia. Google Maps.

2. Pantai Tanjung Bira

Pantai Tanjung Bira
Photo by fajrinn96 on Instagram

Tempat wisata di Sulawesi terbaik selanjutnya adalah Pantai Tanjung Bira yang ada di Bulukumba. Salah satu daya tarik pantai ini adalah adanya lokasi pembuatan kapal tradisional Pinisi. Kapal Pinisi adalah kapal melaut tradisional milik suku Bugis.

Selain itu, Pantai Tanjung Bira juga menawarkan indahnya pasir putih yang bersih dan lembut. Kamu juga bisa menikmati indahnya matahari tenggelam dari pantai ini.

Lokasi: Bira, Bonton Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan, Indonesia. Google Maps.

3. Danau Linow

Danau Linow, Salah satu Tempat Wisata di Sulawesi Terbaik.
Photo by ecaeciliap on Instagram

Saat mengunjungi Pulau Sulawesi, sebaiknya kamu mampir ke Danau Linow. Salah satu tempat wisata di Sulawesi terbaik ini terkenal karena airnya bisa berubah warna. Setidaknya terdapat tiga warna yang bisa terlihat dari danau ini, yaitu hijau, biru, dan kuning kecoklatan.

Perubahan warna tersebut akibat kandungan belerang di dalam air danau serta faktor pantulan cahaya matahari. Suasananya yang telah membuat banyak wisatawan tertarik untuk berkunjung.

Lokasi: Lahendong, Tomohon Selatan, Kota Tomohon, Sulawesi Utara, Indonesia. Google Maps.

4. Pantai Losari dan Masjid Amirul Mukminin

Menikmati wisata alam sekaligus wisata religi bisa kamu dapatkan ketika berkunjung ke Pantai Losari. Sebab, di timur laut pantai ini terdapat masjid unik yaitu Masjid Amirul Mukminin.

Masjid tersebut merupakan masjid apung dengan arsitektur yang terlihat megah. Jika kamu datang saat air laut sedang pasang, maka kamu bisa melihat masjid ini seolah benar-benar terapung. Keindahan masjid Amirul Mukminin semakin nampak saat matahari mulai tenggelam.

Lokasi: Jalan Penghibur No.289, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan 90112, Indonesia. Google Maps.

5. Taman Nasional Tangkoko

Apakah kamu melihat mamalia terkecil di dunia? Ternyata hewan tersebut berada di tempat wisata di Sulawesi terbaik, yaitu Taman Nasional Tangkoko. Nama mamalia ini ialah tarsius, yang juga menjadi endemic Sulawesi Utara.

Tidak hanya tarsius, kamu dapat menemukan berbagai macam satwa yang tinggal di taman nasional seluas lebih dari 8000 hektar tersebut. Beberapa diantaranya ialah monyet hitam yaki, burung rangkong Sulawesi, dan kuskus beruang Sulawesi.

Lokasi: Bitung Utara, Batuputih Atas, Ranowulu, Kota Bitung, Sulawesi Utara, Indonesia. Google Maps.

6. Gunung Banua Wuhu

Gunung Banua Wuhu merupakan tempat wisata Sulawesi di terbaik dan terunik. Permukaan gunung ini berada di bawah permukaan laut, tepatnya di bawah laut daerah Pulau Sangihe.

Meskipun di bawah permukaan laut, gunung ini masih berstatus aktif dan seringkali mengeluarakan gemuruh dan gas. Oleh karenanya, setiap penyelam di kawasan laut ini harus berhati-hati sebab gas yang gunung ini keluarkan dapat melukai kulit.

Namun demikian, tidak ada salahnya kamu tetap mencoba untuk menyelam untuk menikmati indahnya biota laut di sini.

Lokasi: Mahengetang, Tatoareng, Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Indonesia. Google Maps.

Tempat Wisata di Sulawesi Terbaik Mana yang Ingin Kamu Kunjungi?

Demikian 6 tempat wisata di Sulawesi yang harus kamu kunjungi saat liburan di Sulawesi. Setiap destinasi memiliki keunikan dan keindahannya sendiri. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata yang kamu kunjungi agar keindahannya tetap terjaga. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.