Indonesia, Yogyakarta

Air Terjun Jogja Terbaik yang Harus Kamu Kunjungi!

Sebagai kota wisata, Jogja memang menyimpan banyak sekali tempat wisata yang bisa kamu kunjungi. Tidak hanya wisata pantai dan gunung saja, terdapat juga banyak wisata alam lainnya yang bisa kamu kunjungi. Salah satu wisata alam yang bisa kamu kunjungi adalah air terjun Jogja.

Jika kamu sedang berada di kota ini, tidak ada salahnya untuk bersantai dan menikmati wisata alam yang satu ini karena tentunya akan memberikan kesan tertentu selama kamu berlibur.

Wisata Air Terjun Jogja Terbaik

Jogja memiliki beberapa air terjun yang dapat kamu nikmati. Jumlahnya pun tidaklah sedikit dan terletak jauh dari perkotaan, tentunya bisa membuat kamu melepas lelah dan penat. Berikut ini adalah beberapa air terjun Jogja yang bisa kamu kunjungi.

1. Air Terjun Kedung Kandang

Air terjun Jogja yang pertama adalah Kedung Kandang. Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang terletak di dalam hutan, air terjun Kedung Kandang berada di tengah hamparan sawah dengan pemandangan yang indah. Arus air di air terjun Kedung Kandang ini juga tidaklah terlalu deras, cocok untuk dijadikan tempat wisata bersama keluarga.

Air terjun Kedung Kandang juga sudah memiliki spot foto yang akan menambahkan keindahan pada hasil foto kamu. Wisata alam ini memang terletak cukup jauh dari pusat kota, tepatnya air terjun ini terletak di dekat pintu masuk jalur pendakian Gunung Purba, namun pasti terbayarkan dengan pemandangan yang akan kamu lihat.

Lokasi: Gn. Butak, Nglanggeran, Kec. Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862, Indonesia. Google Maps.

2. Air Terjun Kembang Soka

Air terjun berikut ini sayang untuk kamu lewatkan, air terjun Kembang Soka. Kembang Soka terletak di Jatimulyo, Jogja. Untuk mencapai air terjun ini, kamu akan melewati pemandangan Pegunungan Menoreh yang akan memanjakan mata kamu.

Wisata alam ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu banyaknya kolam alami dari sungai Kembang Soka. Kolam-kolam alami memiliki warna hijau tosca dan semakin indah karena dipadukan dengan warna kuning dari bebatuan yang ada di sekitaran kolam.

Lokasi: Jl. Raya Kaligesing, Banyunganti, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674, Indonesia. Google Maps.

3. Air Terjun Kedung Pedut

Wisata air terjun Jogja berikutnya yang dapat kamu kunjungi adalah Kedung Pedut. Di air terjun ini, kamu dapat berenang dan menikmati segarnya air yang berasal langsung dari mata air bumi ini. Lingkungan di tempat wisata ini juga sangatlah indah karena dikelilingi oleh pepohonan.

Selain berenang, kamu juga dapat berfoto disini karena sudah tersedia spot foto untuk mengabadikan momen kamu. Terdapat juga flying fox yang dapat kamu gunakan dengan panjang sekitar 40 meter.

Lokasi: Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55674, Indonesia. Google Maps.

4. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk, salah satu Air Terjun Jogja Terbaik.
Photo by agozpatob on Instagram

Air terjun Sri Gethuk ini sudah sangatlah terkenal, bahkan mendapat julukan sebagai Grand Canyon Jogja. Akses menuju air terjun ini juga sangatlah indah, karena untuk sampai ke sini kamu harus menyewa sebuah kapal dan melintasi sungai jernih yang berwarna hijau.

Saat berwisata ke air terjun ini, kamu juga tidak hanya sekedar berenang dan mengabadikan momen dengan kamera saja. Kamu juga bisa menikmati aktivitas yang disediakan seperti rafting atau flying fox.

Lokasi: Mungguran II, Bleberan, Kec. Playen, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Google Maps.

5. Air Terjun Setawing

Air terjun di Jogja yang satu ini sangatlah unik, yaitu Setawing. Setawing ini hanya bisa kamu nikmati pada musim hujan saja. Wisata alam ini memiliki tinggi 45 meter dan merupakan air terjun yang berasal dari Pegunungan Menoreh.

Akses menuju lokasi air terjun Setawing juga sudah cukup mudah karena sudah terdapat anak tangga yang dapat kamu gunakan. Bahkan di sepanjang jalan menuju ke air terjun ini sudah tersedia gazebo atau tempat beristirahat yang dapat kamu gunakan.

Lokasi: Dusun Jonggrangan, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Belum ada di Google Maps.

Itulah beberapa air terjun Jogja yang sangat sayang sekali jika kamu lewatkan ketika kamu berwisata ke kota ini. Selamat menikmati segarnya air dari dan indahnya pemandangan alam yang tersedia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.