Amman, Yordania (Yazan obeidat)
Luar Negeri, Yordania

Fakta Menarik Negara Yordania, Indah, Aman, dan Toleran

Fakta Menarik Negara Yordania – Amman adalah ibukota dari Yordania yang merupakan kota tua nan modern. Merupakan salah satu kota tertua di dunia Yordania menyisakan banyak situs kuno dan berbagai peninggalan sejarah lainnya.

Kalau mendengar nama Yordania yang langsung teringat dalam benak adalah salah satu Landmark bersejarah dunianya yakni Petra.

Fakta Menarik Negara Yordania

Berikut beberapa fakta menarik tentang negara yang disebut sebagai surganya Timur Tengah.

Negara yang Aman

Negara ini dikelilingi banyak api konflik yang sejak ribuan tahun silam menjadi satu-satunya kawasan di dunia yang paling konstan dibakar sengketa Timur Tengah.

Namun nyatanya Yordania tetap menjadi negara Arab yang paling stabil, saat ISIS mengharu-biru menggerogoti negara-negara tetangganya. Yordania sukses menahan gelombang ekstrimisme tersebut.

Pondasi pluralisme dan toleransi yang kuat membuat paham ekstrimisme selalu gagal mendapatkan pijakan di negara ini.

Menurut kebanyakan turis yang telah berkunjung Jordania, negara ini justru menawarkan suasana Aman damai dan menyenangkan.

Kaya akan Wisata

Petra yang sering disebut dengan kota mawar kuno merupakan salah satu objek wisata paling populer di Yordania.

Selain Petra masih banyak objek wisata lainnya yang juga tak kalah menarik seperti ibukota Amman yang menawarkan wilayah modern dan kaya akan sejarah

Belum lagi jika kita berkunjung ke Kota Tua Madaba menyajikan cagar alam dengan hamparan Lembah menakjubkan.

Negara dengan tatanan Pluralistik nan Toleran

Sama seperti di tanah air, Yordania juga punya kehidupan sosial yang plural. Dihuni oleh masyarakat muslim yang mayoritas, Yordania juga dihuni oleh warga non-muslim.

Kemoderatan negara ini salah satunya tercermin dari cara berbusana penduduknya. Sekalipun berada di jantung Arab yang dekat dengan tanah suci Mekkah, penduduk disini lebih cenderung liberal dalam berpenampilan.

Titik terendah Lahan Kering di Bumi

Di Yordania terdapat titik terendah lahan kering di bumi, tepatnya di dasar laut mati pada kedalaman 420 meter di bawah permukaan laut.

Laut merah ini yang membuat Yordania tidak menjadi negara land lock atau negara yang terkurung daratan. Perairan laut mati ini juga yang membuat Yordania memiliki garis pesisir sepanjang 26 KM.

Selain itu, Yordania juga menjadi salah satu negara di dunia dengan hutan paling sedikit, hanya ada sekitar 2% hutan yang berada di ekosistem negara ini.

Hal itu dibawah rata-rata internasional, dimana rata-rata hutan yang dimiliki setiap negara adalah sekitar 15%.

Standar Pendidikan Tinggi

Negara ini mempunyai standar pendidikan yang tinggi, sehingga membuatnya menjadi salah satu negara dengan penduduk buta huruf terendah di dunia.

Sebagai negara, Yordania juga berpotensi untuk menjadi negara adidaya lewat penguasaan pendidikan teknologi, terutama dari sektor nuklir yang saat ini menjadi sektor utama dalam pengindustrian

Selain itu, anak-anak sejak dini sudah diajarkan Bagaimana cara membangun karakter bangsa dengan cara membudidayakan kebudayaan setempat.

Struktur dari sistem pendidikan Yordania terdiri dari sistem formal dan non formal, system termasuk pendidikan prasekolah yang dijalankan oleh sektor swasta

Sementara yang menjadi bagian pendidikan non formal berupa kampanye keaksaraan dan pelatihan kejuruan dikelola oleh Departemen Tenaga Kerja Perindustrian dan pertahanan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.