Indonesia, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, Sumatra Selatan, Sumatra Utara, Yogyakarta

Kota Wisata Kuliner di Indonesia yang Harus Dikunjungi Traveller

Wisata tak melulu soal mengunjungi tempat wisata saja, anda bisa menjadikan wisata kuliner sebagai agenda ketika liburan. Indonesia memiliki banyak cita rasa yang layak untuk anda jajal. Dan berikut beberapa kota wisata kuliner di Indonesia yang harus anda singgahi. Menyediakan banyak kuliner lezat, berikut ulasan selengkapnya.

Destinasi Kulineran di Indonesia Yang Jempolan

1. Kota Medan

Kota pertama yang akan membuat lidah anda dimanjakan adalah Medan. Ada banyak makanan khas yang bisa anda coba. Mulai dari mie gomak yakni mie yang disajikan dengan kuah lontong maupun bumbu kacang. Tidak ketinggalan lontong medan ataupun bihun bebek yang layak anda jajal. Dijamin perjalanan cita rasa anda dimanjakan di bagian Sumatera Utara ini.

2. Kota Palembang

Masih di Sumatera, rasanya tidak lengkap jika tidak singgah di Palembang. Kota satu ini terkenal dengan pempeknya di seluruh penjuru tanah air. Selain pempek, tekwan juga tak kalah nikmat untuk disantap. Keduanya dibuat dari bahan ikan dengan penyajian yang berbeda. Es kacang merah bisa anda jadikan penutup agar perjalanan rasa anda semakin lengkap.

3. Kota Makassar

Coto Makassar
Photo by renibean on Instagram

Destinasi wisata kuliner di Indonesia selanjutnya yang juga menawarkan banyak kuliner nikmat adalah Makassar. Coto Makassar menjadi kuliner kondang yang wajib anda jajal. Tidak ketinggalan Sup Conro yang juga dari daging sapi. Kedua menu ini akan sangat nikmat jika dipadukan dengan nasi hangat. Sebagai penutup, anda bisa menikmati es palu butung legit yang nikmat.

4. Kota Manado

Selain Makassar, Manado juga sangat menarik untuk jadi tujuan wisata kuliner. Coba saja Bubur Manado yang disajikan dengan isian sayur yang akan membuat ketagihan. Bagi yang doyan makan pedas, sambal roa tak boleh ketinggalan. Penyuka mie juga akan dimanjakan dengan nikmatnya mie cakalang. Hidangan laut di kota Manado memang begitu kondang dan wajib dijajal.

5. Kota Bandung

Kota Kembang, Bandung juga sangat cocok dijadikan sebagai tujuan wisata kuliner. Kota ini menawarkan kuliner tradisional dan modern. Menu andalan yang tak boleh dilewatkan adalah Nasi Tutug Oncom. Camilan di kota Bandung juga akan memanjakan lidah anda. dari batagor, siomay, cimol, cilok hingga surabinya. Destinasi wisata kuliner di Indonesia satu ini memang jempolan.

6. Kota Yogyakarta

Nasi Gudeg + Sambal Krecek
Photo by sefiiin on Instagram

Jogja tidak hanya terkenal dengan wisatanya, tetapi juga kulineran yang begitu luar biasa. Mulai dari Gudeg yang begitu kondang hingga Sambal Kreceknya. Tidak ketinggalan angkringan yang menawarkan banyak makanan nikmat. Wedang ronde juga menjadi menu kulineran yang akan membuat perjalanan rasa anda makin lengkap.

7. Kota Malang

Kota yang dikelilingi pegunungan ini juga menawarkan kulineran yang beragam. Sajian bakso Malang tentu tidak boleh dilewatkan saat di kota ini. Ada juga orem orem Malang yang tak kalah nikmat untuk mengisi perut anda. Olahan mie bisa menjajal Cwie Mie Malang yang juga sudah begitu kondang.

8. Kota Surabaya

Sate Klopo / Kelapa
Photo by r47natjan on Instagram

Selain Malang, di Jawa Timur anda juga bisa menjadikan Surabaya sebagai tujuan kulineran. Surabaya memiliki sajian legendaris berupa Sate Klopo yang sudah terkenal lezat. Ada juga Lontong Balap yang begitu mudah ditemui di wisata kuliner di Indonesia satu ini. Untuk menu dessert, anda bisa menjadikan es krim Zangrandi sebagai pilihan.

Itulah beberapa kota di Indonesia yang menawarkan kuliner memuaskan. Mulai dari makanan berat hingga makanan ringannya memang begitu kondang. Bukan berarti kota lain tidak menyediakan kuliner nikmat juga, tetapi yang disebutkan adalah yang paling terkenal dan wajib anda coba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.