Indonesia, Luar Negeri

5+ Jenis Makanan untuk Camping yang Praktis dan Bergizi

Kegiatan berkemah atau camping memang selalu menawarkan keseruan tersendiri. Agar tetap fit selama berkemah, pastikan untuk jaga kesehatan dengan baik dan tak lupa bawa bekal makanan untuk camping praktis dan punya nilai gizi.

Kamu tentu tak mau kan jika harus membawa bahan makanan dan peralatan masak dalam jumlah banyak? Maka dari itu, pertimbangkan urusan makanan dengan matang sebelum kamu mulai berkemah.

Makanan untuk Camping atau Mendaki
Photo by nuruban_13 on Instagram

Jenis-Jenis Makanan untuk Camping

Melaksanakan kegiatan camping bersama teman maupun keluarga tentu sangat menyenangkan. Meski begitu, kegiatan perkemahan juga dapat menguras banyak energi setelah melakukan berbagai aktivitas yang melelahkan.

Kalau badan sudah lelah dan perut sudah lapar, satu-satunya hal yang diinginkan pada saat itu pastilah dapat beristirahat dan menyantap makan dengan segera.

Berikut adalah beberapa inspirasi makanan bergizi maupun makanan instan untuk camping yang bisa kamu makan secara langsung tanpa perlu melalui proses pemasakan yang merepotkan.

1.  Jagung, Ubi, Kentang (Karbohidrat)

Asupan karbohidrat yang cukup selama berkemah tetap harus kamu penuhi sebagai bahan bakar energi sehari-hari. Sebenarnya kamu dapat membawa bahan makanan karbohidrat apa saja sesuai keinginan masing-masing.

Jika membawa beras terlalu merepotkan, kamu bisa menggantinya dengan jenis makanan pokok lain seperti ubi, jagung, kentang, dan lain-lain.

Dalam proses memasaknya, beras membutuhkan alat yang lebih banyak dan waktu menanak yang relatif lama. Sementara itu, proses memasak bahan makanan jagung, ubi, maupun kentang dapat kamu lakukan dalam waktu yang relatif singkat.

Meski bukan tergolong makanan pokok sehari-hari, ketiga jenis bahan makanan tersebut dapat memenuhi asupan energi yang cukup untuk menjalani masa-masa di perkemahan. Kamu juga bisa membawanya sebagai bekal makanan untuk camping di gunung, di hutan, di  pantai, dan di tempat perkemahan lainnya.

2. Sosis (Protein)

Sosis dapat menjadi bahan makanan instan untuk camping yang bisa langsung kamu makan. Jikapun sosis instan tersebut perlu diolah, kamu hanya perlu melakukan proses perebusan maupun penggorengan sederhana dan dalam waktu yang relatif singkat.

Sosis ini dapat kamu santap sebagai lauk yang enak dan praktis maupun sebagai camilan bergizi untuk teman istirahat.

3. Telur (Protein)

Kamu pasti setuju bahwa telur akan tetap jadi santapan yang enak meski dimasak dalam berbagai jenis olahan. Untuk itu, kamu juga perlu membawa beberapa butir secukupnya untuk memenuhi asupan protein hewani selama menjalani camping.

Selain enak, proses memasak telur juga sangat amat mudah dan tidak memerlukan banyak bumbu maupun peralatan masak.

Kamu bisa mengolah telur menjadi berbagai macam olahan seperti telur rebus, telur mata sapi, telur dadar, scrambled egg, dan masih banyak lagi.

Ingat, letakkan telur di dengan posisi yang aman dan benar agar tidak mudah menggelinding ataupun pecah.

4. Buah (Vitamin)

Buah menjadi salah satu bekal makanan untuk camping di gunung yang tidak boleh terlewatkan. Untuk memenuhi asupan vitamin selama camping, jangan lupa untuk membawa beberapa jenis buah-buahan segar yang sekiranya awet dan tidak mudah busuk.

Selain mengandung vitamin, buah-buahan juga kaya akan kandungan airnya sehingga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh yang hilang selama menjalani aktivitas berkemah.

5. Makanan Camilan

Agar camping tidak boring, bawa juga beberapa jenis camilan yang praktis untuk menemani waktu santai kamu. Beberapa jenis camilan yang bisa kamu bawa selama camping antara lain:

  • Roti
  • Biskuit
  • Aneka snack ringan
  • Cokelat
  • Dan lain-lain

Bawalah Makanan untuk Camping yang Praktis dan Bergizi

Beberapa jenis makanan di atas menjadi salah satu referensi yang bisa kamu terapkan saat melakukan aktivitas berkemah nanti.

Jika kamu memiliki preferensi tertentu, silahkan bawa jenis bekal makanan lain yang sekiranya lebih cocok dengan selera maupun kebutuhanmu. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *