Indonesia, Jawa Tengah

Padang Savana Dieng di Wonosobo: Wisata Epik dan Cantik

Akhir tahun sudah semakin dekat, waktu untuk berlibur bersama orang tersayang pun tidak bisa kamu hindari. Terutama setelah menghabiskan terlalu banyak waktu untuk berdiam diri di rumah akibat penyebaran kasus COVID-19. Banyak yang mencari wisata baru untuk berlibur, salah satunya adalah Padang Savana Dieng.

Namun untuk mencapai tempat itu, kamu harus melakukan pendakian yang cukup lama. Kendati demikian, banyak wisatawan lokal yang rela menghabiskan waktu agar dapat mendatangi Padang Wisata Dieng yang berada di Wonosobo ini. Jadi, apa itu Padang Savana Dieng di Kota Wonosobo?

Padang Savana Dieng
Photo by alif_rsyd on Instagram

Obyek Wisata Epik Nan Cantik: Padang Savana

Wisata satu ini terletak di kaki Gunung Pangonan. Saat mendatangi wisata ini, kamu akan disuguhkan pemandangan epik dengan ciri khas bentang dari Pegunungan Dieng Plateau. Bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu untuk bercengkrama dengan alam, Padang Savana Dieng merupakan pilihan yang tepat.

Padang satu ini berbentuk lembah dengan rumput yang berwarna keemasan, beberapa bahkan ada yang masih menghijau dengan tinggi sampai ke lutut. Apabila kamu mendatangi wisata di Wonosobo ini saat musim kemarau datang, kamu akan mendapati rumput-rumput yang kering dan berwarna keemasan.

Dengan lokasinya yang berada di kaki gunung, Padang Savana Dieng berbentuk seperti mangkuk raksasa yang menyerupai kepundan kawah besar. Setelah kawah tersebut mati, ia berubah bentuk menjadi padang dengan rerumputan epik yang berwarna keemasan saat musim kemarau.

Namun padang akan berbeda cerita apabila kamu datang saat musim sedang dingin atau hujan. Hawa yang lebih dingin dan turunnya hujan akan mengubah rerumputan di padang menjadi hijau pupus yang akan membuatmu terpana saat mendatanginya. 

Lokasi: Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah 53456, Indonesia. Google Maps.

Mengapa Harus Mendatangi Padang Savana Dieng?

Menikmasti minuman hangat dan dinginnya pagi serta pemandangan yang indah
Photo by ariiajaa_ on Instagram

Bagi kamu yang menyukai Dataran Tinggi Dieng, tidak ada salahnya apabila kamu menghabiskan sedikit waktu di padang satu ini. Terutama bagi kamu yang menyukai alam dan rela untuk melakukan pendakian untuk mendatangi tempat-tempat indah sambil menggunakan ototmu yang sudah terlalu lama bekerja.

Selain itu, pemandangan yang spektakuler dari padang tidak akan mengecewakanmu. Ada beberapa spot objek yang dapat kamu temukan saat mendatangi Padang Savana Dieng. Mulai dari semak yang berada di bukit dengan warna keemasan yang diselimuti pegunungan yang tertutup dengan pohon akasia.

Hal lain yang bisa kamu lakukan saat mendatangi savana ini adalah mendirikan tenda dan berkemping bersama orang tersayang. Beberapa objek wisata di sekitar padang adalah Telaga Merdada, Kawah Sikidang, areal pertanian, pedesaan sekitar bahkan asap-asap yang muncul akibat aktivitas geothermal bisa kamu saksikan.

Saat berkemping kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbit dari sela-sela Gunung Sindoro saat pagi hari. Sore harinya, pastikan kamu melihat matahari tenggelam yang tidak kalah menakjubkan. Matahari akan menghilang di balik tubuh besar Gunung Slamet. 

Semua pemandangan tersebut bisa kamu nikmati selagi kamu merelakan sedikit waktu agar dapat mencapai kaki Gunung Pangonan. Pengorbananmu tidak akan terkhianati hingga titik saat kamu sampai di Padang Savana Dieng Wonosobo. Tapi, jalur mana yang harus kamu lewati saat ingin mendatangi objek wisata ini?

Mendaki untuk Menikmati Pemandangan Indah yang Tak Terganti

Padang Savana Dieng
Photo by ariiajaa_ on Instagram

Apabila kamu berencana untuk mendatangi Padang Savana Dieng, ada beberapa jalur pendakian yang dapat kamu jadikan referensi. Jalur tersebut adalah jalur pendakian dari area Museum Kailasa, dari arah Telaga Merdada, hingga jalur yang melalui Kawah Sikidang.

Bagi kamu yang masih pemula dalam mendaki, lewatilah jalur terpendek yang hanya akan memakan waktu paling lama 20 menit. Namun apabila kamu lebih menyukai tantangan saat mendaki, gunakan jalur terpanjang yang bisa memakan waktu kurang lebih selama dua jam perjalanan.

Lokasi (Base Camp Pendakian Gunung Pangonan): Karangsari, Dieng Kulon, Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah 53456, Indonesia. Google Maps.

Siapkah Kamu Berlibur ke Padang Savana Dieng?

Objek wisata telah kamu kantongi dan kamu perlu mempersiapkan akomodasi. Jalur manapun tidak akan masalah, asalkan kamu mempersiapkan diri dengan peralatan yang lengkap dan stamina yang kuat agar kamu dapat mencapai Padang Savana Dieng dengan semak keemasan yang indah. Selamat berlibur!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.