Indonesia, Luar Negeri

Apa Itu Snorkeling? Yuk, Simak Penjelasan Lengkapnya!

Snorkeling adalah kegiatan menyelam pada kedalaman lima meter yang dalam hal ini masuk sebagai kategori permukaan dangkal.

Jika mungkin kamu pernah melihat kegiatan menyelam untuk melihat keindahan bawah laut, maka hal tersebut masuk dalam kategori kegiatan snorkeling.

Apa Itu Snorkeling? Yuk, Simak Penjelasan Lengkapnya!

Perbedaan Diving, Scuba Diving, dan Snorkeling Adalah?

Meskipun memang diving, scuba diving, dan snorkeling terlihat mirip, namun banyak orang yang belum mengetahui perbedaan dari ketiganya.

Padahal, ketiga kegiatan olahraga ai tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Perbedaan ketiga jenis olahraga air ini bisa kamu lihat dari kedalamannya, kalangan usia yang melakukan kegiatan tersebut, dan alat selam yang para penyelam gunakan.

  • Snorkeling dilakukan pada kedalaman lima meter. Kegiatan menyelam ini bisa dilakukan oleh semua usia. Selain itu, kegiatan ini juga membutuhkan peralatan yang bisa digunakan untuk menyelam.
  • Diving dan scuba diving hanya bisa dilakukan oleh orang dewasa saja, dan hanya membutuhkan beberapa alat. Untuk diving sendiri merupakan kegiatan mengarungi alam bawah laut yang bisa kamu lakukan hingga kedalaman 10 meter.

Peralatan Snorkeling

Snorkeling adalah kegiatan menyelam yang bisa semua orang lakukan, tanpa batasan usia. Kegiatan menyelam di permukaan ini biasanya memiliki pemandu untuk mendampingi para pemula, sehingga keamanannya pun terjamin.

Pada umumnya, pemula juga akan menggunakan alat bantu selam, seperti baju pelampung dan baju selam. Namun, tidak hanya itu, masih ada peralatan lain yang harus pemula gunakan ketika melakukan snorkeling.

1. Snorkel

Alat snorkel ini merupakan alat yang berbentuk seperti huruf J. Fungsi dari alat ini adalah sebagai keluar masuknya udara ketika kamu bernapas dalam air.

Dengan adanya snorkel ini, maka para penyelam pun bisa dengan mudah menyusuri indahnya alam bawah air. Bahkan, kamu sudah tidak perlu lagi mengangkat kepala ke permukaan untuk mengambil oksigen.

2. Masker Selam

Snorkeling adalah kegiatan menyelam yang mana wajah harus terlindungi secara baik. Untuk melindungi bagian wajah ini, maka kamu bisa menggunakan masker selam yang kedap air.

Masker untuk menyelam ini memiliki lensa depan yang terbuat dari kaca pengaman. Sementara untuk bagian kerangkanya sendiri terbuat dari karet (silikon).

3. Kaki Katak

Kaki katak memiliki peran yang cukup penting dalam kegiatan ini. Fungsi dari alat ini adalah untuk menambah daya dorong kaki ketika melakukan penyelaman.

Jadi, secara kesimpulan kaki katak ini merupakan sepatu renang bagi para pelaku snorkeling. Selain itu, alat ini juga bisa kamu gunakan sebagai pelindung kaki dari benda maupun makhluk air yang cukup membahayakan.

4. Baju Renang

Menggunakan baju renang ketika melakukan snorkeling tentu akan membantu pergerakan ketika berada dalam air. Tubuhmu akan lebih leluasa untuk bergerak dan merasa nyaman ketika sedang melakukan penyelaman permukaan dasar laut.

5. Jaket Pelampung

Bagi para pemula, menggunakan pelampung saat melakukan penyelaman ini bisa menjadi sebuah keharusan. Meskipun sudah mahir berenang, jaket pelampung ini akan sangat berguna untuk menjaga kedalaman agar tetap stabil saat mengambang.

Setelah kamu memahami arti snorkeling, tentunya kamu sudah bisa membedakannya dengan diving maupun scuba diving.

Jadi, perbedaan paling mendasar dari snorkeling adalah terletak pada kedalaman penyelaman. Ketika melakukan penyelaman ini, kamu harus bisa menahan nafas agar bisa menyelam dalam waktu yang cukup lama.

Namun, kamu bisa menyiasati hal tersebut dengan menggunakan peralatan snorkeling yang cukup lengkap, salah satunya adalah snorkel yang membantumu untuk bernapas dalam air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.