Indonesia, Nusa Tenggara Barat

Snorkeling Gili Trawangan, Estimasi Biaya dan Aksesnya

Tahun baru 2022 sudah tiba, nih! Apa kamu sudah menyiapkan rencana liburan? Jika belum, kamu bisa mencoba hal seru misalnya snorkeling Gili Trawangan yang patut kamu masukkan bucket list-mu tahun ini.

Sebelum pergi snorkeling, ada baiknya kamu mencari tahu informasi tentang tempat snorkeling yang bagus supaya liburanmu semakin berkesan. Jangan sampai kamu menghabiskan uang tapi kurang puas dengan pengalamannya.

Kamu tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri untuk mencari spot snorkeling yang bagus. Di tanah air tercinta ini terutama wilayah Indonesia bagian timur mempunyai surga bawah laut yang pesonanya sudah diakui dunia. Salah satunya yaitu di Gili Trawangan.

Mengenal Snorkeling

Snorkeling merupakan kegiatan berenang menggunakan masker selam dan snorkel. Masker selam membantumu agar bisa melihat pesona bawah laut lebih jelas. Ditambah lagi, alat bantu pernafasan atau snorkel wajib kamu pakai untuk membantu bernafas di bawah laut. Dengan perlengkapan yang lengkap tentunya kegiatan snorkeling Gili Trawangan semakin menyenangkan.

Bentuk snorkel mirip seperti huruf J, ringan, dan cukup ringkas. Cara kerja alat ini yaitu dengan memasukkan udara dari atas permukaan laut melalui tube snorkel lalu membuangnya lewat mulut. Proses ini kemudian menghasilkan gelembung-gelembung udara di dalam air yang sering kamu jumpai ketika melihat orang sedang snorkeling.

Kamu tidak perlu panik jika ada air yang masuk ke snorkel-mu. Hal itu sangat wajar terjadi. Kamu hanya perlu mengeluarkan air dari mulut seperti halnya mengeluarkan udara. Mudah, bukan?

Snorkeling Gili Trawangan

Gili Trawangan terletak di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Selain Gili Trawangan, spot snorkeling Lombok yang terkenal ada Meno dan Air. Biasanya para agen menawarkan paket wisata snorkeling ke tiga gili ini.

Sebelum membahas tentang estimasi biaya snorkeling Gili Trawangan, ada baiknya kamu mengetahui informasi mengenai tempat tersebut. Setidaknya ini bisa membantumu mengenal Gili Trawangan lebih dekat.

Gili Trawangan merupakan pulau kecil (gili) dengan luas hanya 6 kilometer persegi. Dengan luas tersebut kamu bisa puas berkeliling pulau hanya dengan jalan kaki saja. Disamping itu, Gili Trawangan juga memanjakan wisatawan dengan pasir putih yang membentang di sepanjang pulau.

Lokasi: Gili Indah, Pemenang, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Google Maps.

Estimasi Biaya Snorkeling Gili Trawangan

Untuk menikmati snorkeling Gili Trawangan, kamu perlu membeli tiketnya terlebih dahulu. Banyak agen wisata yang menawarkan berbagai macam paket snorkeling Lombok di sekitar tempat wisata.

Kamu bisa memilih untuk mengambil paket snorkeling Gili Trawangan saja. Tapi, jika kamu ingin mendapatkan pengalaman liburan yang lebih mengesankan, kamu bisa memilih paket ke 3 gili yaitu Trawangan, Meno, dan Air. Pasalnya, lokasi ketiga gili tersebut berdekatan sehingga cocok untuk menghabiskan waktu disana.

Kamu bisa membeli tiket snorkeling di agen di sekitar tempat wisata ataupun melalui situs online. Hindari membeli tiket di calo. Melansir Gotravela Indonesia,  harga tiket beragam mulai dari Rp120.000 hingga Rp150.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk peralatan snorkeling dan makan siang. Paket ini biasanya berisi lebih dari 30 orang rombongan dalam 1 perahu.

Kamu juga bisa menyewa perahu sendiri jika ingin suasana yang lebih private. Harga paketnya berkisar antara Rp950.000 sampai Rp1.450.000 dengan kapasitas 1-8 orang. Sayangnya, paket ini biasanya tidak termasuk alat snorkeling.

Akses Menuju Gili Trawangan

Akses menuju Gili Trawangan terbilang mudah. Jika kamu menginap di Lombok, kamu harus pergi ke Pelabuhan Bangsal untuk menyeberang dari Lombok menuju Gili Trawangan.

Kamu bisa menyeberang ke Gili Trawangan pada jam operasional mulai pukul 07.00-16.00 WIT serta membayar tiket perahu sebesar Rp 15.000 per orang untuk sekali jalan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.