Wanita di kolam renang, Imerovigli, Santorini, Yunani.
Luar Negeri, Yunani

Waktu Terbaik untuk Mengunjungi Yunani: Sepi, Menarik, dan Cuaca yang Menyenangkan

Berkat perairan biru kehijauan yang mengelilingi pantainya, Yunani adalah salah satu tujuan musim panas terbaik di Eropa. Meskipun negara ini menjadi jauh lebih ramai di bulan-bulan hangat, bukan berarti tidak layak untuk dijelajahi sepanjang sisa tahun ini.

Yunani memiliki lebih banyak hal yang ditawarkan daripada garis pantai bergerigi yang indah. Negara ini dianggap sebagai tempat kelahiran peradaban Barat karena suatu alasan: budayanya yang berusia ribuan tahun, tercermin dalam reruntuhan megah yang menghiasi kota-kota besar dan pedesaannya.

Wanita di kolam renang, Imerovigli, Santorini, Yunani.
Photo by Hello Lightbulb on Unsplash

Ada banyak alasan untuk menjelajahi pedalaman Yunani selama musim sepi. Musim gugur adalah musim anggur, ketika kilang anggur ramai dengan panen anggur tahunan. Musim semi, di sisi lain, memiliki cuaca yang terkenal tidak dapat diprediksi. Namun, suhu yang lebih sejuk akan menggoda Anda untuk mendaki gunung atau mungkin menemukan desa bersejarah yang mungkin Anda lewatkan di musim panas.

Dan jika Anda ingin bermain ski atau olahraga salju lainnya, Yunani tidak akan mengecewakan Anda. Ada resor ski yang luar biasa di Gunung Olympus dan Gunung Parnassus, antara lain.

Musim puncak di Yunani: Juni-Agustus

Terbaik untuk: Menjelajahi pantai, penjualan musim panas

Dari awal Juni dan seterusnya, jutaan wisatawan mendarat di Yunani untuk menemukan pulau-pulau yang tak terhitung jumlahnya, keajaiban arsitektur, dan makanan lezat. Suhu bisa mencapai 90-an pada hari-hari terpanas, dan air di sekitar Laut Aegea dan Ionia memanas.

Ini adalah musim berenang, dan di beberapa daerah, angin Meltemi (yang bertiup dari utara) akan membantu Anda mengasah keterampilan selancar angin Anda. Angin ini biasanya berlangsung selama tiga hingga empat hari dan dapat mengganggu hari Anda di pantai-terutama di sore hari, ketika angin sedang kencang-kencangnya. Tetapi penduduk setempat harus dapat memberitahu Anda pantai mana yang terlindung darinya.

Waktu ini juga ideal bagi pengunjung yang mencari penawaran belanja terbaik, karena semua toko di negara ini menjalankan penjualan musim panas mereka antara bulan Juli dan Agustus.

Musim panas di Yunani

Agustus adalah bulan tersibuk dan terpanas sepanjang tahun di Yunani, jadi Anda dapat mengharapkan harga berada pada titik tertinggi selama bulan ini. Kota-kota besar seperti Athena dan Thessaloniki adalah satu-satunya pengecualian; mereka kosong karena penduduk setempat berangkat ke pantai. Meskipun kota-kota ini tidak terlalu ramai, sebagian besar pelancong akan merasa terlalu lembab untuk dikunjungi pada puncak musim panas.

Menjelajahi pulau adalah kegiatan musim panas yang klasik di Yunani. Perairan di sekitar persinggahan klasik seperti Navagio (Pantai Kapal Karam) di pulau Zakynthos dan Pantai Sarakiniko di Milos menampilkan rona biru muda yang hampir tidak akan Anda temukan di tempat lain. Sementara itu, suasana pesta di Mykonos sedang ramai-ramainya.

Musim tanggung di Yunani: April-Mei, September-Oktober

Terbaik untuk: Menjelajahi reruntuhan, mencicipi anggur, menghindari keramaian

Musim wisata di Yunani secara tradisional dimulai pada Paskah, yang dirayakan secara luas di seluruh negeri. Meskipun mungkin masih terlalu dingin untuk pergi ke pantai, ini adalah waktu yang tepat untuk menjelajahi bagian Yunani yang sangat kaya dengan reruntuhan kuno. Salah satunya adalah pulau Corfu dan kota tuanya, yang menjadi tuan rumah salah satu perayaan Paskah terbesar di Yunani.

September adalah bulan terbaik untuk menjelajahi daratan Yunani. Cuaca masih agak hangat, sebagian besar turis telah pulang ke rumah, dan hotel-hotel lebih bersedia menawarkan diskon.

Saat daun-daun mulai berguguran pada awal Oktober, pulau-pulau akan kosong. Tetapi beberapa orang biasanya berlama-lama di Santorini, karena langit tetap cerah untuk mendapatkan pemandangan terbaik dari kaldera Santorini.

Musim semi di Yunani

Akropolis Athena, Yunani
Photo by Arthur Yeti on Unsplash

Musim semi adalah musim yang sempurna untuk berwisata ke reruntuhan dan museum-museum luar ruangan di Yunani, di luar musim panas. Terlebih lagi, harga lebih rendah dibandingkan dengan musim puncak Juli-Agustus karena sebagian besar tujuan wisata masih menunggu kerumunan besar untuk muncul.

Beberapa hal yang menarik untuk musim ini termasuk tempat-tempat klasik sepanjang masa seperti Acropolis Athena, Istana Knossos di Heraklion (Kreta), Kuil Apollo di Naxos, dan Biara St.

Musim gugur di Yunani

Yunani memiliki tradisi pembuatan anggur sejak lebih dari 6.000 tahun yang lalu. Jika Anda berada di sana pada musim gugur, pesanlah tur anggur saat anggur sedang dipanen. Beberapa kilang anggur terbaik di negara ini berada di wilayah Attica di sekitar Athena.

Formasi batu Meteora sangat memanjakan mata. Pada musim gugur, vegetasi yang rimbun -yang sekarang diwarnai dengan warna merah dan kuning- semakin kontras dengan batu-batu besar yang dramatis dan biara-biara yang bertengger di atasnya.

Semenanjung Peloponnese, meskipun dikenal sebagai tujuan musim panas, memiliki landmark utama yang layak dikunjungi sepanjang tahun, seperti kota Nafplio dan Gerbang Singa di situs arkeologi Mycenae yang berdekatan.

Musim sepi di Yunani: November-Maret

Terbaik untuk: Olahraga musim dingin, penjualan musim dingin

Pada musim ini, Yunani menerima sekitar seperdelapan dari jumlah pengunjung yang datang ke negara ini pada puncak musim panas.

Di pulau-pulau, sebagian besar bisnis menutup pintunya sampai musim semi, dan penduduk sering menghabiskan musim dingin di Athena atau kota-kota besar lainnya di daratan utama.

Namun, musim sepi di Yunani seharusnya menjadi kesempatan yang sempurna bagi mereka yang mencari penawaran belanja-penjualan musim dingin resmi berlangsung antara Januari dan Februari.

Tidak seperti pantai yang beriklim Mediterania dan menawarkan suhu yang sejuk secara konsisten, pedesaan Yunani beriklim sedang dan mendapat beberapa hari hujan salju setiap tahun.

Musim dingin di Yunani

Parnassos Ski Centre
Photo by Helen Lyon on Instagram

Yunani memiliki banyak pilihan untuk liburan musim dingin di luar jalur. Negara ini memiliki daerah yang didominasi pegunungan, yang meskipun tidak terlalu tinggi dalam konteks Eropa. Namun memiliki puncak-puncak yang menonjol seperti Gunung Olympus dan Gunung Parnassus.

Masing-masing gunung ini memiliki tawaran resor yang luas di mana Anda bisa bersantai setelah seharian bermain ski, mendaki, atau mendaki. Gunung Parnassus hanya berjarak dua jam dari Athena. Di sinilah Anda akan menemukan reruntuhan Delphi, oracle nomor satu di Yunani Kuno.

Musim dingin juga bisa menjadi waktu yang tepat untuk mengunjungi ibu kota Yunani. Athena jauh lebih sepi, jadi menemukan akomodasi dan tiket pesawat yang terjangkau akan mudah.

Ditambah lagi, ada berbagai macam atraksi terbaik yang bisa dipilih. Seperti Museum Arkeologi Nasional, Bukit Philopappos untuk melihat pemandangan seluruh kota. Serta banyak pilihan pemandian Turki di mana Anda dapat bersantai di sela-sela tamasya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *