Kampung Wae Rebo
Bali, Banten, Indonesia, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan

Wisata Desa Adat Terbaik di Indonesia yang Mendunia

Wisata desa adat terbaik yang ada di Indonesia sangatlah banyak. Kekayaan alam dan budaya Indonesia memang tidak akan ada habisnya untuk kamu bahas.

Keberagaman suku dan bahasa membuat Indonesia sangat kaya akan budaya. Oleh sebab itu, sebagai generasi penerus bangsa, kamu harus mulai melek akan budaya negeri sendiri.

Kamu bisa mempelajari kekayaan tanah air dengan cara berlibur ke berbagai desa adat yang ada di Indonesia. Bagi yang belum tahu, berikut ini adalah rekomendasinya.

Wisata Desa Adat Terbaik di Indonesia

Ada banyak sekali wisata desa adat di Indonesia yang patut untuk kamu kunjungi. Bahkan, turis mancanegara pun mungkin sudah lebih dulu mengunjunginya daripada kamu. Jika kamu tidak mau ketinggalan, intip yuk beberapa rekomendasi desa adat yang patut kamu kunjungi berikut ini!

1. Desa Adat Suku Baduy, Banten

Rekomendasi wisata desa adat di Indonesia yang pertama adalah desa adat Suku Baduy. Desa adat ini memiliki penghuni yang kurang lebih 20 ribu Urang Kanekes yang merupakan sebutan untuk orang Baduy.

Suku Baduy juga sangat identik dengan baju berwarna putih dan biru tua. Urang Kanekes pun masih memegang penuh kepercayaan leluhur.

Jika kamu ingin berlibur kesana, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yakni tidak boleh memotret dan mengambil hasil alam tanpa izin.

Lokasi: Kadujangkung, Bojong Menteng, Leuwidamar, Kabupaten Lebak, Banten 42362, Indonesia. Google Maps.

2. Suku Kajang Ammatoa, Bulukumba

Suku Kajang Ammatoa
Photo by takdyer_97 on Instagram

Jika kamu berencana untuk berlibur ke Sulawesi Selatan, maka jangan lupa mampir ke Desa Adat Suku Kajang Ammatoa. Kawasan ini sangat terkenal dengan adat istiadatnya yang kental.

Ketika kamu masuk ke daerah adat ini, maka kamu harus menggunakan pakaian hitam dan tidak menggunakan alas kaki.

Lokasi: Tanah Toa, Kajang, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan 92574, Indonesia. Google Maps.

3. Kampung Wae Rebo, Manggarai

Kampung Wae Rebo, Salah satu Wisata Desa Adat Terbaik.
Photo by yudy_ch86 on Instagram

Desa Adat Wae Rebo menjadi perhatian dunia sejak penetapannya sebagai salah satu situs kekayaan dunia oleh UNESCO. Desa adat ini berada pada ketinggian 1100 mdpl. Wae Rebo ini tidak hanya menyajikan kebudayaan lokal, melainkan juga wisata alam yang sangat memukau.

Masyarakatnya terkenal memiliki tujuh rumah adat yang terkenal dengan Mbaru Niang. Rumah adat ini berbentuk kerucut. Mereka memiliki kepala suku yang akan melakukan upacara penyambutan bagi setiap pengunjung yang datang.

Lokasi: Satar Lenda, Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Google Maps.

4. Desa Dayak Pampang, Samarinda

Wisata desa adat terbaik berikutnya adalah Desa Dayak Pampang. Wisata Desa Dayak Pampang ini resmi dibuka untuk wisata sejak tahun 1991 silam.

Ketika kamu sampai pada desa adat Dayak ini, kamu akan langsung melihat banyak kerajinan khas Suku Dayak. Tidak hanya itu, kamu juga akan tinggal di rumah tradisional yang dikenal dengan kekayaan ukirannya yang penuh makna.

Lokasi: Sungai Siring, Samarinda Utara, Kota Samarinda, Kalimantan Timur 75119, Indonesia. Google Maps.

5. Kampung Naga, Tasikmalaya

Kampung Naga, Salah satu Wisata Desa Adat Terbaik.
Photo by erlintopia on Instagram

Kampung adat yang satu ini terletak di lembah bukit. Desa Naga ini merupakan salah satu daerah yang sangat menjunjung tinggi adat istiadat leluhur.

Bahkan, kampung ini menolak untuk dijadikan sebagai desa wisata. Tujuannya adalah demi menghindari campur tangan orang lain yang nantinya akan merusak keharmonisan yang sudah tercipta sebelumnya.

Lokasi: Neglasari, Kec. Salawu, Tasikmalaya, Jawa Barat 46471, Indonesia. Google Maps.

6. Desa Trunyan, Bali

Lokasi dari Desa Trunyan ini berada di Kecamatan Kintamani, Bali. Sesampainya kamu di Desa Trunyan, kamu akan disambut dengan pesona Danau Batur.

Sebagian besar pengunjung datang ke desa adat ini untuk melihat secara langsung bagaimana tradisi leluhur masyarakatnya.

Salah satu keunikan dari desa adat ini yang sangat terkenal adalah prosesi pemakamannya. Disana, mayat tidak dikuburkan. Melainkan akan diletakkan di bawah pohon Taru Menyan hingga menyatu dengan tanah.

Lokasi: Terunyan, Kec. Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali, Indonesia. Google Maps.

Yuk, Kunjungi Wisata Desa Adat Terbaik di Indonesia!

Cukup banyak bukan destinasi wisata desa adat terbaik yang ada di Indonesia? Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satunya atau bahkan sudah pernah kesana?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.