Bukit Biru
Indonesia, Kalimantan Timur

5 Objek Wisata Kutai Kartanegara yang Akan Membuatmu Terpana

Kutai Kartanegara atau Kukar merupakan kota yang ada di Kalimantan Timur dan digadang-gadang bakal jadi calon ibukota negara baru. Beberapa dari kamu mungkin masih belum terlalu kenal dengan seluk beluk kota tersebut. Namun ketahuilah bahwa ada banyak sekali pesona wisata Kutai Kartanegara yang telah menanti kedatanganmu. Kira-kira destinasi apa saja ya yang ada di wisata calon ibu kota baru Indonesia ini?

Objek-Objek Wisata Kutai Kartanegara

Kawasan Kukar telah menjadi destinasi wisata menarik bagi para kaum traveller. Kutai Kartanegara dapat menyuguhkan deretan panorama wisata yang indah mulai dari daratan sampai lautan.

Buat kamu yang hendak melepas penat atau sekedar mencuci mata, silakan kunjungi beberapa rekomendasi objek wisata Kukar berikut ini.

1. Pulau Kumala

Pulau Kumala, Salah satu Wisata Kutai Kartanegara.
Photo by shin.diary on Instagram

Pulau Kumala merupakan salah satu objek wisata favorit wisatawan yang terletak di kawasan delta Sungai Mahakam. Wisatawan dapat menggunakan jenis transportasi darat maupun laut untuk bisa sampai ke pulau indah tersebut.

Sebelum menginjakkan kaki di Pulau Kumala, pengunjung akan melewati jembatan repo-repo sembari melihat pemandangan indah. Disini, pengunjung juga dapat menikmati banyak sekali spot foto menarik serta wahana permainan yang asyik.

Salah satu wahana yang paling mencolok di wisata Kutai Kartanegara ini adalah Sky Tower yang berketinggian 75 meter.

Lokasi: Timbau, Kec. Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 75512, Indonesia. Google Maps.

2. Pantai Ambalat

Salah satu objek wisata calon ibu kota baru Indonesia selanjutnya adalah Pantai Ambalat (Amborawang Laut). Di pantai tersebut, kamu akan menjumpai fenomena tak biasa yang jarang ada di pantai-pantai pada umumnya.

Jika umumnya pantai ditumbuhi pohon kelapa, di Pantai Ambalat kamu akan melihat barisan pohon-pohon pinus yang tumbuh lebat. Unik bukan!

Selain memiliki pemandangan alam yang indah, wisata Kutai Kartanegara ini masih sangat terjaga kealamian. Untuk melepas penat, kamu bisa bersantai di bangunan gazebo tepi pantai.

Lokasi: Ambarawang Laut, Samboja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Indonesia. Google Maps.

3. Bukit Bangkirai

Bukit Bangkirai, Salah satu Wisata Kutai Kartanegara.
Photo by oln_roy2k on Instagram

Ingin berwisata di kawasan hutan-hutan? Di Bukit Bangkirai saja! Destinasi wisata calon ibu kota baru Indonesia ini dikelilingi oleh pohon-pohon lebat bernama Pohon Bangkirai.

Objek wisata tersebut terbentang seluas 1.500 ha dengan ketinggian pohon rata-rata yakni 40-50 meter. Bukit Bangkirai ternyata juga menjadi monumen hutan alam tropika basah dan media penelitian terhadap binatang-binatang liar.

Salah satu objek atau wahana yang kerap menyita perhatian para wisatawan adalah canopy bridge. Sesuai dengan namanya, jembatan ini merupakan penghubung antar puncak pohon yang saling berdekatan.

Pengunjung dapat melakukan swafoto ria di canopy bridge atau mencari objek fotografi menarik dari atas jembatan tersebut.

Lokasi: Karya Merdeka, Kec. Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 75271, Indonesia. Google Maps.

4. Wisata Bukit Biru

Banyak yang bilang kalau Bukit Biru termasuk objek wisata Kutai Kartanegara terpopuler dan sering jadi destinasi andalan bagi wisatawan. Waktu terbaik untuk bertandang ke Bukit Biru ini adalah di saat sore hari menjelang matahari terbenam.

Bukit Biru terkenal mampu menyuguhkan panorama pemandangan alam yang asri dengan balutan suasana sejuk yang alami.

Lokasi: Jl. Pahlawan, Bukit Biru, Kec. Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 75511, Indonesia. Google Maps.

5. Museum Mulawarman

Museum Mulawarman
Photo by ekafiva on Instagram

Setelah mengulas tentang wisata alam, kini saatnya kamu mampir ke wisata calon ibu kota baru Indonesia berikutnya yakni Museum Mulawarman.

Di dalam objek wisata sejarah ini memiliki ribuan koleksi benda-benda bersejarah dan warisan budaya setempat. Bagi kamu yang suka mendalami ilmu sejarah, Museum Mulawarman akan jadi salah satu objek wisata yang tepat.

Lokasi: Jl. Tepian Pandan, Panji, Kec. Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur 75513, Indonesia. Google Maps.

Jika kamu berencana main ke Kalimantan Timur, kira-kira objek wisata apa yang akan kamu kunjungi pertama kali?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.